Jum'at, 26/04/2024 14:58 WIB

Hampir 30 Persen dari Ekspor Emas Brasil adalah Ilegal

Penambang liar di Brasil sering mengekstraksi emas dari area yang tidak diperbolehkan menambang, seperti cagar alam yang dilindungi atau tanah adat.

Tambang emas ilegal terlihat selama operasi badan lingkungan Brasil melawan penambangan emas ilegal di tanah adat, di jantung hutan hujan Amazon, di negara bagian Roraiman, Brasil, pada 17 April 2016. (Foto: Reuters/ Bruno Kelly)

Brasilia, Jurnas.com - Sekitar 28 persen ekspor emas Brasil pada 2019 dan 2020 kemungkinan berasal dari tambang ilegal. Demikian menurut laporan jaksa penuntut umum dan Universitas Federal Minas Gerais.

Disadur dari Reuters, laporan dari jaksa federal dan Universitas Federal Minas Gerais menemukan indikasi ilegalitas terkait dengan 48,9 ton emas dalam periode dua tahun.

Penambang liar di Brasil sering mengekstraksi emas dari area yang tidak diperbolehkan menambang, seperti cagar alam yang dilindungi atau tanah adat.

Penambangan, yang dilakukan tanpa memperhatikan peraturan lingkungan, mendorong deforestasi di hutan hujan Amazon dan juga telah terbukti meracuni sungai dengan merkuri.

Laporan tersebut hanya mempertimbangkan emas yang terdaftar di pemerintah federal untuk membayar pajak atas logam mulia dan referensi silang data tersebut dengan citra satelit di lokasi tambang yang dilaporkan.

Jumlah emas yang dilaporkan keluar dari daerah tersebut melampaui kapasitas sumbernya, menurut laporan tersebut.

"Ada upaya untuk mencuci emas ini, untuk menyembunyikan asal aslinya. Tetapi dengan referensi silang dengan gambar, tidak mungkin emas ini berasal dari asal yang dinyatakan," kata Raoni Rajao, profesor manajemen lingkungan di Federal University of Minas Gerais dan penulis laporan.

Untuk 6,3 ton emas, daerah yang dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai asal emas tidak menunjukkan bukti penambangan pada citra satelit. Sisanya dilaporkan berasal dari tempat yang berbatasan dengan kawasan lindung yang menunjukkan tanda-tanda telah diserbu para penambang.

Data pemerintah menunjukkan bahwa 111 ton emas diekspor pada tahun 2020, lebih banyak dari total produksi 92 ton, juga menunjukkan beberapa mungkin berasal dari sumber ilegal, kata laporan itu.

Kementerian Pertambangan dan Energi Brasil tidak segera menanggapi permintaan komentar. Pada 2019 dan 2020, Kanada, Swiss, dan Inggris Raya membeli 72 persen ekspor emas Brasil.  (Reuters)

KEYWORD :

Tambang Ilegal Tambang Emas Brasil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :