Sabtu, 27/04/2024 03:46 WIB

Luar Negeri

Ribuan Orang Tuntut Presiden Korsel Mundur

Tiga partai oposisi ikut dalam aksi itu, bersama beberapa bakal calon presiden potensial, termasuk Wali Kota Seoul Park Won-soon dari Partai Demokrat.

Seoul - Aksi demontrasi puluhan ribu orang berkumpul di pusat kota Korea Selatan, Seoul. Pengunjuk rasa menuntut pengunduran diri Presiden Park Geun-hye terkait skandal yang melibatkan orang kepercayaannya.

Polisi setempat memperkirakan,  sekitar 170.000 orang akan mengikuti aksi unjuk rasa di lapangan dekat Balai Kota Seoul, sementara penyelenggara meramalkan sampai satu juta orang akan ikut berdemonstrasi.

Dan aksi ini diperkirakan akan  menjadi demonstrasi terbesar yang pernah digelar di Korea Selatan dalam satu abad terakhir. Polisi berencana mengerahkan sekitar 25.000 aparat untuk mencegah potensi kerusuhan.

Tiga partai oposisi ikut dalam aksi itu, bersama beberapa bakal calon presiden potensial, termasuk Wali Kota Seoul Park Won-soon dari Partai Demokrat.

Aksi kali ini, yang diselenggarakan oleh 1.500 lebih kelompok sipil, merupakan rangkaian aksi protes terhadap Park yang kepemimpinannya diguncang kecurigaan bahwa dia membiarkan kawan lamanya Choi Soon-sil menyalahgunakan kekuasaan di balik layar.

Choi dituduh mencampuri urusan negara, mendapat akses ke dokumen-dokumen rahasia presiden, mempengaruhi penunjukan personel dan meminta para konglomerat mendanai yayasan-yayasan yang dia kendalikan.

Park sejauh ini sudah menyampaikan dua kali permintaan maaf ke publik, namun tampaknya gagal menenangkan kemarahan publik terkait skandal tersebut.

KEYWORD :

Krisis Korea Selatan Park Geun-hye




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :