Jum'at, 26/04/2024 15:19 WIB

Ruben Onsu dan Jordi Ajak Pelaku Usaha Segera Daftarkan Merek Dagang

Ruben Onsu dan adiknya Jordi mengajak pelaku usaha untuk segera daftarkan merek dagangnya.

Ruben Onsu soal merek dagang. (Foto : Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Sebuah catatan penting bagi pengusaha untuk mendaftarkan merek dagangnya. Dari data yang ada, saat ini terdapat sekitar 8,2 juta pelaku usaha di sektor ekonomi kreatif, namun hanya 11,05 persen yang baru mendaftarkannya.

Dalam diskusi edukatif dengan tema “Pentingnya Mendaftarkan Merk Sebagai Dasar Suatu Usaha” Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mewanti-wanti pelaku ekonomi kreatif agar tak lali untuk segera mendaftarkan merek dagangny kepada Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Ini penting agar kejadian yang dialami pengusaha dan juga artis Ruben Onsu dan adiknya Jordi Onsu  yang harus rela kehilangan merek dagangnya Ayam Geprek Bensu, akibat terlambat mendaftarkannya.

"Kadang-kadang sebagai pengusaha asik bikin produk terus jualannya laku, tapi kita enggak jaga aset kita, "Hati-hati Jordi (Bensu) dan UMKM lainnya. Bagaimana sebagai alat bukti bagi pemilik. Berhak atas merek yang didaftarkan," kata Sandiaga Uno, Sabtu (27/2/2021) kemarin.

"Kita ingin memiliki direktorat yang menciptakan IP yaitu intellectual property dan ingin memdorong bagaimama pentingnya haki (hak kekayaan intelektual) di sektor ekonomi kreatif," sambung Sandiaga Uno.

Ruben Onsu mengamini apa yang diungkapkan Menparekraf Sandiaga Uno. Ia memetic pelajaran penting dari peristiwa yang dialaminya sendiri bersdama adiknya Jordi Onsu yang baru saja kehilangan merek dagangnya akibat terlambat dan lalai mendaftarkannya.

"Pendaftaran merek adalah menjadi hal paling penting dalam memulai usaha. Ini sebagai legalitas kita. Saat usaha berkembang, maka kita akan merasa aman dengan merek dagang yang sudah kita daftarkan. Saya memetic pelajaran dari apa yang saya alami,” kata Ruben Onsu.

"Pelaku usah mesti wajib daftar merek dan ini menjadi dasar suatu usaha. Ini benar-benar penting untuk usaha kita dalam jangka panjang,” sambung Jordi Onsu.

Disarankan, para pelaku usaha agar langsung mendaftarkan atau melegalisasi merek dagangnya kepada Hak Kekayaan Interlektual (HAKI) saat usaha sudah berjalan.

KEYWORD :

Kabar Artis Ruben Onsu Merek Dagang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :