Sabtu, 27/04/2024 05:41 WIB

WP KPK Nilai Tepat Jokowi Pilih Listyo Sigit Jadi Kapolri

Sebab, kata Yudi, keberhasilan kabareskrim dalam menangani kasus-kasus korupsi besar adalah sebagai bukti bahwa Listyo merupakan polisi reformis dan profesional. 

Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo

Jakarta, Jurnas.com - Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (WP KPK) menilai penunjukan Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi calon kapolri baru oleh Presiden Joko Widodo adalah tepat.

"Pilihan Presiden ke Bang Sigit merupakan pilihan tepat, karena selama ini memang beliau dikenal sebagai polisi reformis dan profesional," kata Ketua WP KPK, Yudi Purnomo Harahap, kepada awak media, Rabu, (13/1).

Sebab, kata Yudi, keberhasilan kabareskrim dalam menangani kasus-kasus korupsi besar adalah sebagai bukti bahwa Listyo merupakan polisi reformis dan profesional. Yudi pun meyakini Kepolisian RI nantinya bisa semakin maju di bawah kepemimpinan Listyo Sigit Prabowo.

"Kami berharap bahwa kerja sama kepolisian dan KPK semakin baik dalam upaya bersama mewujudkan Indonesia yang bebas dari korupsi," kata Yudi.

Diberitakan sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI telah menerima Surat Presiden (Suspres) tentang nama calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

Surpres bernomor: R-02/Pres/01/2021 tersebut disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Ketua DPR RI Puan Maharani, di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

“Pada hari ini, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan usulan Pejabat Kapolri kepada DPR RI, atas nama Komjen (Pol) Drs. Listyo Sigit Prabowo, Msi, untuk mendapatkan persetujuan DPR,” kata Puan.

Untuk selanjutnya, Listyo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR sebelum DPR memberikan persetujuan atas nama calon yang diajukan Presiden.

KEYWORD :

KPK Joko Widodo Kapolri Listyo Sigit




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :