Jum'at, 26/04/2024 18:34 WIB

Perkenalkan Kedai Reka, Kemdikbud Optimalkan Kolaborasi Media

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Paristiyanti Nurwardani, akan memaksimalkan kolaborasi media.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Foto: Muti/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terus memassifkan sosialisasi platform digital Kedai Reka kepada masyarakat, perguruan tinggi, dan mitra industri.

Dan untuk penyebarluasan informasi ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Paristiyanti Nurwardani, akan memaksimalkan kolaborasi media.

Paris menyampaikan tujuan kolaborasi bersama media adalah sebagai landasan untuk mendorong optimalisasi publikasi mengenai pengembangan ekosistem reka cipta di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, platform kedaireka diluncurkan sebagai bagian dari skema pendanaan matching fund pada acara Merdeka Belajar series enam pekan lalu.

Tujuannya adalah membangun ekosistem Kampus Merdeka sebagai upaya untuk menyelesaikan berbagai isu sosial masyarakat, tantangan industri, dan masalah perguruan tinggi melalui kemitraan perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri.

"Kedaireka merupakan sebuah platform resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk membangun kemitraan antara perguruan tinggi dan dunia usaha/industri sebelum mengajukan hibah matching fund bersama-sama," terang Paris pada Kamis (12/11).

Sementara itu, Ade Kadarisman selaku Tim Kerja Akselerasi Reka Cipta Ditjen Dikti menyebutkan bahwa sinergi penta-helix ini dapat menghasilkan tujuan yang saling berkesinambungan.

Ade memaparkan bahwa dengan membawa industri ke kampus, perguruan tinggi dapat mempersiapkan SDM yang relevan dengan kebutuhan dunia industri dan sebaliknya, dunia industri juga dapat mengoptimalkan SDM serta reka cipta yang dihasilkan kampus untuk dimanfaatkan oleh industri.

"Media merupakan bagian dari elemen penta-helix yang memiliki peran besar serta harus terlibat menjadi satu kesatuan dalam ekosistem reka cipta Indonesia yang tercermin melalui platform Kedai Reka," ujar Ade.

"Kami sangat berharap teman-teman media dapat mempublikasikan kepada khalayak, agar semakin banyak masyarakat khususnya pereka cipta dan industri yang berpartisipasi dalam grand launching kedaireka nanti," tutup dia.

KEYWORD :

Kedai Reka Ditjen Dikti Paristiyanti Nurwardani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :