Sabtu, 27/04/2024 00:02 WIB

Kesehatan

Ini 12 Ciri-Ciri Anda Kekurangan Zat Besi

Sering merasa sesak napas, lemas dan lelah? Tampaknya, Anda harus mengecek kadar zat besi dalam tubuh.

Ilustrasi saat kelelahan (Foto: albayan)

Jakarta - Sering merasa sesak napas, lemas dan lelah? Tampaknya, Anda harus mengecek kadar zat besi dalam tubuh. Kurangnya zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia.

Sebagian dari kita mungkin menganggap remeh kandungan zat besi dalam tubuh. Padahal, kita harusnya waspada karena jika volumenya berkurang sedikit saja, maka dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Zat besi sangat penting karena membantu memproduksi hemoglobin dalam tubuh. Zat besi juga merupakan elemen penting dalam sel-sel darah merah yang menyebarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh lainnya. Jika tubuh kekurangan kadar zat besi yang memadai, maka akibatnya tubuh akan mengalami kegagalan dalam memproduksi sel-sel darah merah dan terjadilah anemia.

Kekurangan zat besi merupakan salah satu kondisi lazim yang dialami para wanita. Penyebabnya, bisa karena menstruasi hebat, diet minim zat besi, dan kehamilan. Khusus wanita hamil, mereka membutuhkan lebih banyak kandungan zat besi bagi tubuh mereka sendiri juga bayi yang dikandungnya.

Dilansir dari Boldsky, berikut 12 tanda umum yang menunjukkan tubuh Anda kekurangan zat besi:

  1. Kelelahan
    Hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan sel darah merah sehingga tidak mampu mengedarkan oksigen ke bagian tubuh lainnya.
  2. Cemas dan stress
    Kecemasan yang Anda alami bisa jadi tanda tubuh Anda kekurangan zat besi. Hal ini dikarenakan zat besi juga mengatur suasana hati dan kondisi tidur Anda.
  3. Gangguan mata
    Umumnya, mata akan pucat ketika mengalami anemia. Bahkan dalam beberapa kasus, kekurangan zat besi menyebabkan gatal di mata.
  4. Kaki kesemutan
    Ketika Anda mudah merasa kesemutan bahkan saat duduk sekalipun, maka Anda harus berhati-hati bahwa Anda sedang kekurangan zat besi.
  5. Bibir pecah-pecah
  6. Lidah membengkak
  7. Hasrat terhadap bahan non-makanan
    Anda merasa sangat ingin memakan bahan-bahan non-makanan seperti cat, lumpur, dan sejenisnya. Hati-hati!
  8. Kuku rapuh
  9. Warna urine berubah
    Jika urine Anda berwarna merah agak oranye, sebaiknya Anda memeriksakannya karena hal ini disebabkan oleh kekurangan zat besi.
  10. Sering infeksi, terutama masalah pernapasan
  11. Otot sakit
  12. Sesak napas

 

KEYWORD :

Zat Besi Lemah Capek Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :