Sabtu, 27/04/2024 04:22 WIB

PBB: UEA Tingkatkan Pengiriman Senjata ke Haftar

Uni Emirat Arab (UEA) dikabarkan telah meningkatkan pengiriman senjata yang diarahkan ke milisi Marsekal Lapangan Khalifa Haftar

Gambar selebaran ini, dirilis oleh Kementerian Luar Negeri Rusia pada 13 Januari 2020, menunjukkan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu berjabat tangan dengan komandan pemberontak Libya Khalifa Haftar, di Moskow, Rusia. (Via AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Uni Emirat Arab (UEA) dikabarkan telah meningkatkan pengiriman senjata yang diarahkan ke milisi Marsekal Lapangan Khalifa Haftar dalam upaya menyelamatkan kampanye militernya melawan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang diakui secara internasional.

Hal itu disampaikan salah satu diplomat Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang tak disebutkan namanya dalam sebuah pernyataan, dilansir Middleeast, Jumat (02/10).

The Wall Street Journal mengutip seorang diplomat, yang memiliki akses ke laporan rahasia yang dikumpulkan oleh para ahli dalam Komite Dewan Keamanan Libya, yang mengatakan bahwa UEA telah melanggar embargo senjata dan meningkatkan dukungan militer kepada Haftar untuk menahan pengaruh Turki di negara.

Surat kabar tersebut menyatakan bahwa Angkatan Udara UEA mengirim, antara Januari dan April, sekitar 150 pengiriman ke Libya yang membawa amunisi dan sistem pertahanan.

Selain puluhan penerbangan yang diselenggarakan selama musim panas, menggunakan pesawat kargo C-17 AS. Dengan demikian, pengiriman senjata terus berlanjut bahkan setelah kegagalan operasi Haftar di Tripoli.

KEYWORD :

Lembaga PBB Uni Emirat Arab Milisi Haftar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :