Sabtu, 27/04/2024 07:57 WIB

Gus Menteri Serahkan Bantuan Puluhan Kapal untuk Nelayan di Pesisir Selatan

Saat ini, lanjut Gus Menteri, BUMDes dituntut lebih kreatif untuk membangkitkan kembali ekonomi desa yang sempat loyo akibat pandemi Covid-19

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar serahkan Bantuan Kapal Nelayan di Pesisir Selatan (Humas Kemendes)

Pesisir Selatan, Jurnas.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyerahkan bantuan sebanyak 37 unit Kapal kepada para nelayan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Puluhan kapal penangkap ikan itu merupakan hasil karya warga desa setempat dan kemudian dibeli menggunakan dana desa, untuk diberikan kepada para nelayan di desa atau yang disebut Nagari Sungai Pinang.

"Saya harap gerakan-gerakan BUMDes seperti ini dikembangkan di nagari-nagari lain di Pesisir Selatan ini," ucap Gus Menteri di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Jumat (24/07/2020).

Gus Menteri kembali menjelaskan, pada prinsipnya dana desa harus dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi, salah satunya seperti yang telah dilakukan BUMDes Sungai Pinang yakni membeli kapal dari warga desa dan diberikan kepada nelayan setempat.

Saat ini, lanjut Gus Menteri, BUMDes dituntut lebih kreatif untuk membangkitkan kembali ekonomi desa yang sempat loyo akibat pandemi Covid-19.

Gus Menteri menerangkan, saat ini beberapa negara mengalami resesi ekonomi akibat pagebluk Covid-19. Singapura dan Korea Selatan bahkan sudah resmi masuk jurang resesi baru-baru ini.

Namun, Gus Menteri tetap optimis dengan Indonesia karena masih ada desa yang memiliki banyak potensi untuk terus digali hingga dapat keluar dari bayang-bayang resesi sebagimana dihadapi negara-negara lainnya.

"Indonesia mudah-mudahan jangan sampai minus pada bulan kedua ini, dan kita berharap berjuang semaksimal mungkin pada triwulan ketiga nanti Indonesia meskipun hanya satu persen itu tetap harus diupayakan menggerakkan ekonomi di desa dengan semaksimal mungkin," pungkasnya.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Desa BUMDes Kapal Nelayan Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :