Rabu, 30/09/2020 13:58 WIB

Ilmuwan Akui Langkah Cerdas China "Lockdown" Wuhan

Dan bila saja Beijing tidak menempuh kebijakan karantina wilayah, maka China berpeluang akan mencatatkan 700.000 kasus positif.

Seorang pria membeli masker di sebuah toko obat setelah wabah virus corona baru dan penutupan kota, di Wuhan, provinsi Hubei, Cina, pada 29 Januari 2020. (Foto: Reuters)

Beijing, Jurnas.com - Para ilmuwan memuji langkah China melakukan karantina wilayah (lockdown) di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, sesaat setelah virus corona baru (Covid-19) mulai menyebar.

Dalam makalah peneliti yang diterbitkan oleh Jurnal Science, diungkapkan bahwa pada 19 Februari atau hari ke-50 sejak pandemi itu dimulai dari Wuhan, China sudah memiliki 30.000 kasus positif.

Dan bila saja Beijing tidak menempuh kebijakan karantina wilayah, maka China berpeluang akan mencatatkan 700.000 kasus positif.

"Analisis kami menunjukkan bahwa (jika) tanpa ada larangan perjalanan Wuhan dan tanggap darurat nasional, akan ada lebih dari 700.000 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di luar Wuhan pada tanggal itu," kata peneliti Oxford, Christopher Dye sebagaimana dikutip dari AFP pada Rabu (1/4).

"Langkah-langkah pengendalian China tampaknya berhasil dengan berhasil memutus rantai penularan, mencegah kontak antara orang yang menular dan yang rentan," lanjut jurnal tersebut.

Para peneliti menggunakan kombinasi laporan kasus, informasi kesehatan masyarakat, dan pelacakan lokasi ponsel untuk menyelidiki penyebaran virus.

Pelacakan telepon memberikan aliran data baru yang "menarik", kata seorang penulis laporan lainnya, Guru Besar Biologi Penn State, Ottar Bjornstad. Periode waktu yang mereka pelajari meliputi liburan terbesar Tiongkok, Tahun Baru Imlek.

Para peneliti "dapat membandingkan pola perjalanan masuk dan keluar dari Wuhan selama wabah dengan data ponsel dari dua festival musim semi sebelumnya," kata Bjornstad.

"Analisis ini mengungkapkan pengurangan luar biasa dalam pergerakan setelah larangan perjalanan 23 Januari 2020. Berdasarkan data ini, kami juga bisa menghitung kemungkinan penurunan kasus terkait-Wuhan di kota-kota lain di seluruh China," lanjut dia.

Penutupan Wuhan menunda kedatangan virus di kota-kota lain, model mereka menunjukkan, memberi mereka waktu untuk bersiap dengan melarang pertemuan publik dan menutup tempat hiburan, di antara langkah-langkah lainnya.

TAGS : Lockdown China Kota Wuhan Karantina Wilayah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :