Minggu, 18/08/2019 07:54 WIB

Potensi Penyakit Kronis, Jangan Abaikan Nyeri Panggul

Kenali penyakit yang menyebabkan nyeri panggul lebih awal agar segera sembuh sebelum penyakit menjadi kronis dan berbahaya.

Jangan remehkan nyeri panggul (Foto: Hellosehat)

Jurnas.com - Apakah Anda sering merasa kesakitan pada bagian panggul dan menghambat aktivitas sehari-hari. Jika perempuan mengalami rasa sakit yang berkepanjangan pada panggul, bisa jadi ia menderita penyakit panggul kronis.

Untuk itu jangan menganggap nyeri panggul dengan biasa-biasa saja. Bisa saja hal ini merupakan tanda-tanda penyakit serius.

Kenali penyakit yang menyebabkan nyeri panggul lebih awal agar segera sembuh sebelum penyakit menjadi kronis dan berbahaya.

Berikut bahaya cedera panggul yang dapat menyebabkan penyakit serius yang harus Anda perhatikan;

1. Endometriosis

Penyakit Endometriosis merupakan peradangan akibat tumbuhnya jaringan endometrium yang menjadi lapisan rahim. Kram parah saat menstruasi. Sakit sebab kram juga dirasakan hingga punggung bawah dan kaki.

Untuk pengobatan endometriosis dapat dilakukan dengan obat-obatan seperti ibuprofen dan naproxen sodium , bersama dengan pil KB dan hormon lain untuk mengecilkan jaringan endometrium. Tapi jika keluhan dan rasa sakit terus muncul, segera periksa ke dokter untuk penanganan dan diagnosa penyakit tersebut.

Dokter mungkin akan merespons operasi ringan untuk menginstal atau menghancurkan pertumbuhan endometrium. Jika penyakit ini telah parah, perlu dilakukan histerektomi atau operasi pengangkatan rahim.

2. Sistitis Interstitial

Penyakit ini menyebabkan ketidaknyamanan seperti mengalami kesulitan membakar kantung kemih penuh dan kompilasi buang air kecil. Orang yang menderita Interstitial Cystitis (IC) juga ditandai dengan seringnya buang air kecil, bahkan pada beberapa kasus, penderita IC buang air kecil sebanyak 60 kali dalam sehari.

Faktor tersebut disebabkan oleh kerusakan pada musin, dan sel-sel pada permukaan kandung kemih yang melindunginya dari keasaman.

Untuk perawatannya dilakukan dengan memberikan Elmiron atau obat oral yang menyembuhkan IC. Perlu waktu yang tidak perlu untuk mengobati penyakit IC ini. Karena obat ampuh bekerja melapisi permukaan kandung kemih bekerja dalam durasi waktu enam hingga sembilan bulan.

3. Vulvodynia

Rasa sakit kronis pada vulva atau vagina yang timbul dari gejala sakit panggul awal diwaspadai. Pasalnya, jika tidak cepat diketahui para dokter dan diketahui penyebabnya, bisa jadi ini merupakan penyakit yang sering disebut depresi vagina atau istilah medisnya adalah vulvodynia.

Gambaran umum dari vulvodynia adalah komplikasi terbakar atau menyengat di vulva atau vagina yang bisa menyebar ke bokong, paha atas dan daerah panggul. Sekitar 80 persen wanita dengan vulvodynia tersebut merasakan kesakitan saat berhubungan seks.

Pengobatan dilakukan dengan memberikan obat-obat anti kejang vulvodynia, antidepresan, dan anestesi topikal lidokain .

Jika obat-obatan tidak mampu memulihkan, maka dokter akan mengembalikan pembedahan untuk mengangkat ujung saraf di pintu masuk vagina yang berhasil memulihkan 90 persen kasus vulvodynia.

Jika terasa sakit panggul yang sangat, maka segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan dan mendapatkan penangan yang tepat

TAGS : Nyeri Panggul Penyakit Kronis




TERPOPULER :