Senin, 16/12/2019 05:59 WIB

Hina Jilbab, Finalis Miss World Didiskualifikasi

Miss World menilai dua cuitan Zhu soal jilbab dan kekerasan senjata di kalangan kulit hitam, sebagai konten yang mencemarkan nama baik organisasi.

Kathy Zhu dicopot dari gelar Miss Michigan (Foto: NY Post)

New York, Jurnas.com - Miss World Amerika mencopot gelar Miss Michigan dari Kathy Zhu, karena cuitannya dianggap rasis, mengandung islamofobia, dan tidak sensitif.

Dikutip dari Brisbane Times pada Minggu (21/7), Miss World menilai dua cuitan Zhu soal jilbab dan kekerasan senjata di kalangan kulit hitam, sebagai konten yang mencemarkan nama baik organisasi.

"Miss World Amerika menuduh saya rasis, islamofobia, dan tidak sensitif. Mereka mencopot gelar Miss Michigan, hanya karena penolakan saya untuk mencoba jilbab pada 2018, dan cuitan saya soal kekerasan bersenjata di kulit hitam," tulis Zhu beberapa waktu lalu.

Zhu merupakan perempuan kelahiran China yang tinggal di AS sejak usia lima tahun. Tahun lalu, cuitannya tentang acara `Try a Hijab` yang digelar oleh mahasiswa Muslim di Universitas Central Florida menuai kontroversi, karena dianggap menghina jilbab.

"Ada stan `Coba Jilbab` di kampus saya. Jadi, Anda sekarang mengatakan bahwa itu hanya sekadar fesyen, dan bukan tuntutan agama? Atau Anda sedang mencoba membuat perempuan tertindas di bawah Islam?" ujar dia di Twitter.

Tak hanya itu, Zhu dalam kesempatan lainnya menulis soal kematian orang kulit hitam akibat kekerasan senjata.

"Apakah Anda tahu sebagian besar kematian orang kulit hitam disebabkan oleh orang kulit hitam pula? Perbaiki masalah di komunitas Anda terlebih dahulu, sebelum menyalahkan orang lain," kata Zhu.

Kini, kendati sudah didiskualifikasi dari ajang final Miss World Amerika di Las Vegas, pendukung setia Presiden AS Donald Trump itu mengaku senang bisa mengungkapkan pendapat pribadinya.

TAGS : Miss World Kathy Zhu Jilbab Islamofobia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :