Sabtu, 27/04/2024 02:33 WIB

IZI Bersama XL Axiata Selesaikan Pembangunan Gedung Sekolah di Lombok Utara

Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (Laznas IZI), PT. XL Axiata resmikan gedung sekolah Yayasan Maraqitta`limat di Desa Selengan Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara

Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (Laznas IZI), PT. XL Axiata resmikan gedung sekolah Yayasan Maraqitta`limat di Desa Selengan Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utarahs

Jakarta, Jurnas.com - Bersama Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (Laznas IZI), PT. XL Axiata resmikan gedung sekolah Yayasan Maraqitta`limat di Desa Selengan Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara yang dibangun pada Februari 2019 lalu. Setelah diresmikannya pada Sabtu (13/7) sekolah tersebut pun sudah siap dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar.

Peresmian ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Lombok Utara Dr. Najmul Akhyar, SH. MH. Turut hadir pula Chief Human Capital XL Axiata, Rudy Afandi, Group Head XL Axiata East region, Mochamad Imam Mualim, Ketua Majelis Taklim XL Axiata, Nashrul Hendarsyah, Direktur Utama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Wildhan Dewayana, Direktur Pendayagunaan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Nana Sudiana, Koordinator Program Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Mohamad Yunus dan Perwakilan Yayasan Maraqitta`limat.

Dalam kesempatan yang sama, Chief Human Capital XL Axiata, Rudy Afandi mengatakan, "Syukur Alhamdulillah gedung sekolah ini telah berdiri lagi sehingga bisa dimanfaatkan kembali oleh masyarakat sekitar. Suatu kehormatan bagi kami manajemen dan karyawan XL Axiata bisa ikut berpartisipasi membangun kembali gedung Sekolah Yayasan Maraqitta`limat yang terdampak gampa tahun lalu. Upaya ini sebagai salah satu dari realisasi atas tanggungjawab sosial kami sebagai bagian dari masyarakat Lombok selama ini," tuturnya.

Menurutnya, total dana yang dipakai untuk membangun sekolah ini lebih dari Rp. 580 juta, berasal dari wakaf karyawan dan manajemen melalui Majelis Taklim XL. Selain renovasi gedung yang masih bertahan akibat gempa, terdapat 2 unit bangunan baru yang dibangun dengan luas masing-masing 8 x 27 meter dan 8 x 9 meter.

"Bangunan tersebut juga merupakan bagian dari bangunan sekolah yang sudah ada, yaitu Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah Maraqitta`limat. Untuk mewujudkan pembangunan ini, XL Axiata bekerjasama dengan Yayasan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI)." Tambah Rudy.

Selain itu, melalui program Gerakan Donasi Kuota, XL Axiata juga memberikan bantuan fasilitas internet gratis ke 20 SMA/SMK di Kota Mataram, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur. Dalam bantuan ini, setiap sekolah akan mendapatkan 20 GB per bulan selama satu tahun. Selain itu, XL Axiata juga akan memberikan santunan kepada anak-anak Yatim di Yayasan Maraqitta`limat.

Rudy Afandi menambahkan, Lombok dan Nusa Tenggara Barat secara luas adalah wilayah yang spesial bagi XL Axiata. Di _area_ Lombok, layanan XL Axiata sangat dikenal dan bahkan menjadi operator pilihan utama warga. Lokasi yang dipilih untuk program ini merupakan salah satu fasilitas pendidikan dengan kerusakan yang paling parah di Kabupaten Lombok Utara.

Inisiatif pembangunan gedung sekolah permanen ini tidak terlepas dari keyakinan keluarga besar XL Axiata, bahwa pemulihan fasilitas pendidikan adalah salah satu yang perlu diutamakan. Sebelumnya, XL Axiata juga telah menyalurkan bantuan ke masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi di Lombok. Bantuan tersebut berupa bahan makanan, obat-obatan, selimut, tenda, dan sarana telekomunikasi baik di pengungsian maupun untuk sekolah darurat.

Selain itu, XL Axiata juga memberikan dukungan kepada Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat dengan memberikan ratusan perangkat telekomunikasi dan paket data untuk Pusat Komando (Command Center) penanggulangan bencana oleh Pemerintah Provinsi NTB.

KEYWORD :

Lembaga IZI XL Axiata Lombok Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :