Sabtu, 27/04/2024 07:34 WIB

Suriah Dukung Penuh Iran Lawan Intervensi Asing

Assad menekankan dukungan Suriah untuk Iran dan kepemimpinannya.

Presiden Suriah Bashar Assad (Foto: Financial Tribune)

Damaskus, Jurnas.com - Presiden Bashar al-Assad mengatakan Suriah mendukung penuh negara Iran dan pendirian Islam terhadap semua ancaman dan tindakan, yang bertentangan dengan hukum dan peraturan internasional.

Hal itu disampaikan pada pertemuan dengan asisten senior untuk urusan politik khusus Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, Ali Asghar Khaji di Damaskus Selasa (2/7).

Assad menekankan dukungan Suriah untuk Iran dan kepemimpinannya. Ia menyatakan, Suriah membela upaya Iran atas hak-haknya dan mendukung Teheran melawan semua ancaman dan tindakan yang melanggar dasar hukum internasional.

Assad kemudian menyoroti perkembangan mengenai kesepakatan nuklir Iran, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), setelah AS meninggalkan perjanjian 2015 itu, dan langkah eskalatorik terbaru Washington di wilayah Timur Tengah.

Assad juga mengatakan bahwa Suriah melakukan kampanye anti-terorisme, serangan balasan terhadap kelompok teroris Takfiri yang disponsori asing di provinsi barat laut Suriah, Idlib, inisiatif solusi politik bagi krisis Suriah, putaran pembicaraan damai Suriah di Kazakhstan, serta perkembangan regional dan internasional terbaru.

Sementara itu, Khaji, merujuk pada hubungan yang mengakar antara Teheran dan Damaskus, menekankan bahwa Iran bertekad meningkatkan ikatan di semua bidang untuk melayani kepentingan kedua negara.

Negara dan pemerintah Iran akan terus mendukung Suriah sampai negara itu membebaskan semua wilayahnya dan membangun kembali apa yang telah dihancurkan oleh perang, katanya.

Secara terpisah, pejabat Iran bertemu dan mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Muallem.

Mereka menekankan perlunya peningkatan koordinasi dan konsultasi antara kedua negara mengenai pertemuan internasional mendatang tentang proses politik di Suriah, dan promosi habis-habisan hubungan bilateral.

Kedua pejabat itu kemudian membahas perkembangan regional baru-baru ini, dan terorisme ekonomi AS terhadap Suriah dan Iran.

KEYWORD :

Suriah Iran Timur Tengah Bashar al-Assad




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :