Selasa, 10/12/2019 17:03 WIB

Agar Berat Badan Tak Bertambah Naik Saat Lebaran

Hidangan menu lebaran yang bervariasi membuat pola makan kita berubah menjadi tidak sehat.

Ketupat sayur

Jakarta - Lebaran merupakan momen yang paling ditunggu bagi umat muslim yang berpuasa.  Namun ketika hari kemenangan itu datang, membuat pola makan kita berubah menjadi tidak sehat.

Hal ini sering terjadi karena pada hari tersebut berbagai makanan tidak sehat tersedia. dan ini mengakibatkan berat badan Anda bertambah.

Untuk menghindari kenaikan berat badan tersebut maka Anda dapat mengikuti beberapa tips dari laman Saung Diet berikut ini :

1. Makan dalam porsi yang kecil

Ketika lebaran kita akan disuguhkan berbagai macam hidangan yang menggoda. Namun Anda harus tetap harus menjaga agar mengkomsumsi makanan tersebut dalam porsi yang kecil dan sewajarnya. Selain itu Anda harus mengurangi komsumsi kue-kue kering dan basah karena dapat menyebabkan kegemukan.

2. Mengomsumsi air putih

Minum air putih telah terbukti secara medis memiliki manfaat bagi tubuh. Air putih juga dipercaya dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan.

Oleh sebab itu, sebaiknya ketika hari lebaran kamu mengimbangi dengan minum air putih secukupnya. Utamakan minum air putih dibandingkan dengan minuman lainnya.

3. Mengontrol kalori

Kenaikan berat badan ketika berpuasa dan lebaran banyak disebabkan kamu tidak dapat mengontrol kalori yang masuk kedalam tubuh. Oleh sebab itu kamu harus memilih jenis makanan yang kamu konsumsi. Setidaknya kamu harus mengetahui kandungan kalori yang terdapat didalam makanan yang dikomsumsi.

Sesuaikan komsumsi kalori dengan kebutuhan kalori yang diperlukan oleh tubuh. untuk mengontrol kalori ini kamu dapat mengkomsumsi buah dan sayuran segar seperti jeruk dan apel.

4. Mengatur waktu bersilahturahmi

Jika memungkinkan sebaiknya Anda berjalan kaki ketika berkunjung kerumah kerabat atau tetangga. Tanpa disadari hal ini Anda telah melakukan olahraga ringan. Makanlah secara sebelum lapar. Hal ini dilakukan agar kamu tidak makan berlebih.

5. Hindari makan bagian daging berlemak

Hidangan pada saat lebaran kebanyakan adalah olahan daging seperti daging sapi, kambing maupun daging ayam. Padahal daging, terutama daging merah memiliki lemak jenuh yang tinggi.

Walau jenis daging ini tidak sepenuhnya dilarang. Sebaiknya pilih bagian dada daripada memilih bagian sayap atau paha. Karena bagian tersebut cenderung memiliki kandungan lemak yang rendah.

Jika  makan ayam, jangan mengkomsumsi kulitnya. Karena bagian ini biasanya menyimpan kandungan lemak.

Oya, satu lagi melakukan puasa syawal selama 6 hari juga bisa membantu berat badan Anda tetap stabil.

TAGS : Berat Badan Menu Lebaran




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :