Jum'at, 26/04/2024 10:18 WIB

Tak Asal Pakai, Cek Kedaluwarsa Kosmetik Penting Lho!

Tidak sedikit perempuan tetap menggunakan kosmetik yang mereka miliki walaupun telah lewat tanggal kedaluwarsa. Anda termasuk yang mana?

Mulai sekarang yuk perhatikan tanggal kedaluwarsa kosmetik Anda (Foto: Journal Sociolla)

Jakarta, Jurnas.com - Perempuan terkadang tidak memerhatikan kapan dirinya pertama kali menggunakan kosmetik baik itu makeup dan skincare atau alat rias wajah yang telah dibelinya, padahal itu merupakan salah satu kunci untuk mengetahui sampai kapan makeup tersebut bisa digunakan.

Tidak sedikit bahkan perempuan yang tetap menggunakan kosmetik yang mereka miliki walaupun telah lewat tanggal kedaluwarsa.

Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan seperti tidak adanya efek apapun yang mereka rasakan, menghemat pengeluaran, dan sebagainya.

Begitu pun yang dirasakan oleh Kartika pengguna makeup yang mengaku tak sempat mengecek satu per satu kosmetik yang dimiliki. "Suka lupa sih, soalnya kan banyak ya kosmetik yang ada di rumah jadi sampai gak ada waktu buat ngecek semuanya," ucap Kartika.

Sementara itu, Sabrina Herawati ternyata memiliki kebiasaan Turing mengecek date expired produk kosmetik yang ia miliki. "Kalau bagi aku penting sih, tiap pertama kali beli aku catat jadi aku punya catatan sendiri kapan produk kosmetik sudah melewati batas tanggal expired," imbuhnya.

Spesialis Kulit dan Kecantikan dr Matahari Arsy Harum Permata mengatakan penting bagi kita untu mengecek masa kedaluwarsa kosmetik yang kita pakai. "Sebab bila sudah expired dapat menimbulkan risiko infeksi atau jerawat pada kulit," ucapnya.

Selain mencatat jadi cara yang efektif, namun ada beberapa hal lain yg perlu diperhatikan. "Apakah ada perubahan secara fisik dari produk yang kita pakai? Bila warna, tekstur, bau sudah berubah harus diganti," ujarnya.

Selain dari hasil penggunaan makeup dan skincare yang tidak sebagus saat tidak kedaluwarsa, efek paling diwaspadai dapat menimbulkan infeksi atau jerawat pada kulit karena sudah tercemar bakteri pada produk tersebut.

KEYWORD :

Produk Kosmetik Masa Kedaluwarsa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :