Rabu, 24/04/2019 19:13 WIB

Menteri Amran Kagum Ketemu Seprofesinya di Ciamis

Di depan Amran, Jaja mengaku bahwa dari hasil memanjat kelapa, ia mampu menyekolahkan ke empat anaknya.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman ketemu satu profesinya dalam acara Apresiasi dan sinkronisasi Program Kementerian Pertanian 2019 di Ciamis, Jawa Barat, Jumat 22 Maret 2019 (Foto: Fajar)

Ciamis, Jurnas.com - Bertatap muka langsung apalagi ber-selfie bersama Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman tidak terbayangkan sebelumnya oleh Jaja Jamaludin, pemanjat kelapa dari Kabupaten Ciamis.

Di depan Amran, Jaja mengaku bahwa dari hasil memanjat kelapa, ia mampu menyekolahkan ke empat anaknya.

"Alhamdulillah, di usia 52, saya masih bisa memanjat. Saya bisa memetik kelapa 500 butir dalam sehari, bisa menyekolahkan empat anak saya," ungkap Jaja dengan penuh rasa bangga.

Warga desa Pada Mulya Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, ini adalah satu dari ratusan peserta yang menghadiri acara Apresiasi dan Sinkronisasi Program Pertanian 2019 yang dilaksanakan di komplek Pondok Pesantren Darul Muta`alimin Ciamis, desa Imbanagara Raya kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis, Jumat (22/3)

Di desa Pada Mulya, Jaja tidak sendiri. Setidaknya ada empat orang pemanjat kelapa yang masih tersisa. Keempat pemanjat tersebut acapkali menerima pekerjaan memetik dari desa tetangga.

Mendengar kisah Jaja, Amran pun terkesan. Ia teringat kisah masa kecilnya yang ternyata tidak jauh berbeda dengan Jaja. Sebagai pemetik kelapa.

"Saya waktu itu memanjat 10 pohon dalam sehari. Tadi saya lihat tangan dan ukuran kakinya sama persis dengan saya. Memang beginilah potongan pemanjat kelapa. Tapi Bapak ini lebih hebat dari saya", tutur Amran disusul tepuk tangan dan tawa peserta.

Sebagai bentuk apresiasi, Mentan Amran Sulaiman memberikan bantuan 2 ekor kambing dan bibit kelapa kepada Jaja Jamaludin.

Pada kesempatan tersebut, Mentan memberikan beberapa bantuan seperti hand traktor, kambing, ayam, bibit kopi dan bibit kelapa unggul.

"Saya bangga dengan Ciamis yang sudah dikenal dengan kelapa-nya. Oleh karen itu kami membangun selalu berdasarkan keunggulan komparatifnya, sesuai kultur, budaya. Semoga bantuan 6000 bibit kelapa unggul semakin meneguhkan Ciamis sebagai produsen kelapa terbaik bahkan pengekspor dari Indonesia," imbuh Amran.

TAGS : Petani Kelapa Warga Ciamis Jawa Barat




TERPOPULER :