Jum'at, 26/04/2024 11:25 WIB

Kanada Setujui Ekstradisi Meng Wanzh

Pada akhir Januari, Departemen Kehakiman AS menuduh Meng dan Huawei berkomplot melanggar sanksi AS terhadap Iran.

Kepala keuangan Huawei, Meng Wanzhou (Foto: VCG)

Ottawa, Jurnas.com - Pemerintah Kanada, menyetujui proses ekstradisi terhadap kepala pejabat keuangan Huawei Technologies Co Ltd, yang memicu reaksi keras dari Tiongkok.

"Hari ini, pejabat departemen Kehakiman Kanada mengeluarkan wewenang untuk melanjutkan, secara formal memulai proses ekstradisi dalam kasus Meng Wanzhou," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Putri pendiri Huawei, Meng Wanzhou, ditahan di Vancouver Desember lalu dan sedang dalam tahanan rumah.

Pada akhir Januari, Departemen Kehakiman AS menuduh Meng dan Huawei berkomplot melanggar sanksi AS terhadap Iran.

Meng dijadwalkan menghadiri pengadilam di Vancouver pada pukul 10 pagi waktu Pasifik (1800 GMT) pada 6 Maret, tanggal yang ditetapkan sebagai sidang ekstradisinya.

China yang sudah bersiteru dengan Kanada mengecam keputusan keputusan itu dan mengulangi tuntutan sebelumnya untuk pembebasan Meng.

Juru bicara Departemen Kehakiman AS, Nicole Navas Oxman mengatakan Washington berterima kasih kepada pemerintah Kanada atas bantuannya.

"Kami sangat menghargai komitmen teguh Kanada terhadap aturan hukum," katanya dalam sebuah pernyataan.

Pakar hukum memperkirakan pemerintah Liberal Perdana Menteri Justin Trudeau akan memberikan lampu hijau untuk proses ekstradisi, mengingat hubungan yudisial yang erat antara Kanada dan AS.

Tapi itu bisa bertahun-tahun sebelum Meng dikirim ke Amerika Serikat, karena sistem peradilan Kanada yang lamban memungkinkan banyak keputusan untuk diajukan banding.

Keputusan akhir kemungkinan akan jatuh pada menteri kehakiman federal, yang akan menghadapi pilihan untuk membuat marah Amerika Serikat dengan menolak tawaran ekstradisi, atau China dengan menerimanya.

Profesor Wesley Wark dari Sekolah Pascasarjana Urusan Publik dan Internasional Universitas Ottawa mengatakan "Kanada akan melakukan pemukulan selama seluruh proses ini" dari Tiongkok.

"Saya menduga pemerintah Trudeau sangat berharap bahwa Amerika mencapai kesepakatan dengan China," katanya melalui telepon.

KEYWORD :

Perang Dagang Teknologi Huawei Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :