Jum'at, 26/04/2024 10:51 WIB

Kode Misterius Berusia 11.600 Tahun Akhirnya Terpecahkan

Kode delapan wajah iblis pada boneka Shigir yang tahun ini berusia 11.600 tahun, akhirnya berhasil dipecahkan oleh sekelompok ilmuwan.

Boneka Shigir (Foto: Phys)

Moskow, Jurnas.com – Kode delapan wajah iblis pada boneka Shigir yang tahun ini berusia 11.600 tahun, akhirnya berhasil dipecahkan oleh sekelompok ilmuwan.

Berhala itu tiga kali lebih tua dari piramida Mesir, diukir dengan rahang berang-berang, serta memiliki susunan gigi yang utuh.

Para ilmuwan menemukan Shigir tidak berdiri di tanah, melainkan bersandar pada singkapan batu selama 20 tahun, sebelum jatuh ke danau paleo kuno.

Ditemukan di Pegunung Ural oleh para pencari emas Tsar di abad ke-19, Shigir terbungkus oleh gambut selama ribuan tahun.

Kendati terbuat dari bahan larch, Shigir dianggap sebagai salah satu contoh seni monumental tertua yang diketahui dunia.

Dikutip dari Daily Star, kode yang tersimpan di dalam boneka Shigir diperkirakan merujuk pada roh menurut klaim akademisi.

“Kata `iblis`, misalnya, memiliki arti yang sangat luas bahkan dalam bahasa Inggris dari setan hingga genius yang baik,” kata Dr Zhilin, peneliti terkemuka di Departemen Arkeologi Zaman.

“Faktanya, mengingat bahwa kita tidak tahu konteksnya 11.500 tahun yang lalu, kita tidak bisa mengatakan dengan tepat apa yang digambarkan (tanda pada boneka).”

“Namun ternyata ini semacam roh. Bukan dewa, karena kami pikir dewa muncul kemudian,” tambah dia.

"Kita tidak boleh meremehkan orang-orang yang menciptakan berhala. Mereka memiliki semua alat dan keterampilan yang diperlukan, dan mereka memiliki pandangan dunia yang agak rumit,” lanjut Zhilin.

“Kami pikir itu adalah sesuatu yang dekat dengan animisme. Saya melihat dalam gambar-gambar ini persatuan dan keragaman dunia. Dan itu pasti tidak dibagi hanya menjadi roh baik dan jahat,” tandas dia.

Patung boneka Shigir dipamerkan di Museum Sejarah Regional Sverdlovsk di Yekaterinburg.

KEYWORD :

Kode Misterius Boneka Shigir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :