Sabtu, 27/04/2024 03:00 WIB

AS akan Pertemukan Menlu Pakistan dan India

Pompeo mengatakan akan mengadakan pembicaraan terpisah dengan para menteri luar negeri India dan Pakistan.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo.(Foto: )

Washington, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mendesak India dan Pakistan untuk menghindari "kegiatan militer lebih lanjut" menyusul memanasnya antara dua tetangga Asia Selatan.

Imbauan itu sehari setelah Pakistan mengatakan pihaknya berhak menanggapi serangan udara India di dekat desa Jaba, Pakistan utara, yang terletak sekitar 10 km barat perbatasan dengan Kashmir yang juga wilayah Pakistan, dan 60 km dari Jalur Kontrol yang memisahkan Kashmir, wilayah India dan Pakistan.

Secara terpisah, empat orang, termasuk dua anak-anak, tewas dan tujuh lainnya cedera pada Selasa (26/2) dalam baku tembak antara pasukan India dan Pakistan di distrik Kotli, wilayah Kashmir.

Di tengah meningkatnya ketegangan, Pompeo mengatakan akan mengadakan pembicaraan terpisah dengan para menteri luar negeri India dan Pakistan.

"Saya menyatakan kepada kedua menteri bahwa kami mendorong India dan Pakistan untuk menahan diri, dan menghindari eskalasi dengan cara apa pun," kata Pompeo dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di Washington, DC, Rabu (27/2).

"Saya juga mendorong kedua menteri untuk memprioritaskan komunikasi langsung dan menghindari aktivitas militer lebih lanjut," tambahnya.

KEYWORD :

Konflik India Pakistan Serangan Teroris Asia Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :