Jum'at, 26/04/2024 11:36 WIB

Bersama Satelit Indonesia, Robot Israel Meluncur ke Bulan

Jika berjalan sesuai rencana, Beresheet yang berukuran sebesar mesin pencuci piring akan tiba di sisi dekat bulan pada pertengahan April

Bulan (foto: Google)

Tel Aviv, Jurnas.com - Robot tak berawak milik Israel, Beresheet, yang dalam bahasa Ibrani berarti "Pertama", lepas landas pada Jumat (22/2) di atas roket Falcon 9 yang diluncurkan oleh perusahaan SpaceX yang berbasis di California, Elon Musk, dari Cape Canaveral Air Force Station.

Jika berjalan sesuai rencana, Beresheet yang berukuran sebesar mesin pencuci piring akan tiba di sisi dekat bulan pada pertengahan April, setelah melalui perjalanan dua bulan sejauh 6,5 juta kilometer.

Jalur penerbangan langsung dari Bumi ke bulan akan mencakup kira-kira 240.000 mil atau 386.242 kilometer.

Setelah diluncurkan, pesawat ruang angkasa tersebut akan memasuki orbit Bumi yang secara bertahap melebar yang pada akhirnya akan membawa wahana dalam tarikan gravitasi bulan, mengatur panggung untuk serangkaian manuver tambahan yang mengarah ke touchdown otomatis.

Beresheet adalah satu dari tiga muatan yang harus diangkat tinggi-tinggi oleh roket SpaceX. Dua lainnya adalah satelit telekomunikasi milik Indonesia, dan satelit eksperimental Angkatan Udara AS

Sejauh ini, hanya tiga negara lain yang melakukan pendaratan lunak di bulan, yakni Amerika Serikat, Uni Soviet, dan China. Wahana antariksa dari beberapa negara, termasuk Moon Impact Probe India, pengorbit SELENE Jepang dan penyelidikan orbit Badan Antariksa Eropa yang disebut SMART 1, sengaja jatuh di atas permukaan bulan.

Beresheet akan menandai pendaratan bulan pertama non-pemerintah. Pesawat ruang angkasa seberat 1.290 pon (585 kg) ini dibangun oleh perusahaan ruang angkasa nirlaba Israel, SpaceIL dan kontraktor pertahanan milik negara Israel Aerospace Industries (IAI), dengan biaya US$100 juta yang didanai hampir seluruhnya oleh donor swasta.

Para pejabat SpaceIL mengatakan mereka berharap Beresheet akan membantu mengilhami program luar angkasa, yang berfokus pada pertahanan Israel untuk mengejar misi yang lebih berorientasi pada sains.

Beresheet dirancang untuk menghabiskan hanya dua hingga tiga hari menggunakan instrumen di kapal untuk memotret situs pendaratannya dan mengukur medan magnet bulan.

Data selanjutnya akan diteruskan melalui badan antariksa AS, NASA, Space Space Network ke stasiun darat Spaceud yang berbasis di Israel, Yehud.

KEYWORD :

Israel Misi Bulan Luar Angkasa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :