Sabtu, 27/04/2024 03:42 WIB

Nasib Pesepak Bola Hakeem al-Araibi Diputuskan Pekan Ini

Menurut Human Rights Watch pemerintah Thailang harus membebaskan dan membiarkannya kembali ke istri dan tim sepak bola di Australia.

Pemain sepak bola, Hakeem al-Araibi ditangkap dan disiksa pemerintah Bahrain setelah pemberontakan Musim Semi Arab (Foto: Reuters)

Bangkok, Jurnas.com - Awal pekan ini, Pengadilan Thailand akan memulai menyidang pemain sepak bola Bahrain, Hakeem al-Araibi, yang ditahan di Bangkok.

"Pengadilan akan memutuskan apakah Araibi akan diekstradisi ke Bahrain atau diizinkan terbang kembali ke Australia di mana dia memiliki status pengungsi," kata juru bicara Pengadilan Keadilan, Suriyan Hongwilai.

Araibi ditangkap di bawah permintaan dari Bahrain melalui Interpol.

Menurut Human Rights Watch (HRW), pemerintah Thailang harus membebaskan dan membiarkannya kembali ke istri dan tim sepak bola di Australia.

Araibi bermain untuk Pascoe Vale Football Club di Melbourne dan dia adalah pengkritik pemerintah Bahrain, menurut kelompok hak asasi tersebut. Kementerian Luar Negeri mengatakan Bahrain telah mengajukan permintaan ekstradisi.

Kampanye internasional untuk pembebasannya kembali ke Australia semakin intensif. Baik Perdana Menteri Australia Scott Morrison dan istri Araibi telah meminta Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha untuk mengizinkannya kembali.

FIFA, badan pengatur global untuk sepakbola, telah mendesak para pejabat Thailand untuk mengizinkan Araibi kembali ke Australia, sikap yang juga didukung oleh Komite Olimpiade Internasional.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia internasional secara rutin mengkritik catatan hak asasi manusia Bahrain. Kerajaan pulau, sekutu setia Arab Saudi, telah meningkatkan tindakan kerasnya terhadap perbedaan pendapat politik sejak Musim Semi Arab 2011.

KEYWORD :

Hakeem al-Araibi Pemain Sepak Bola Pengadilan Thailand




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :