Jum'at, 26/04/2024 19:58 WIB

Firasat Lorenzo Pindah ke Honda

Pebalap terbaru Repsol Honda, Jorge Lorenzo menilai kepindahannya ke Honda musim ini memiliki kesamaan saat dirinya memilih bergabung dengan tim Movistar Yamaha pada 2008 silam.

Lorenzo dan Marquez (foto: Google)

Jakarta - Pebalap terbaru Repsol Honda, Jorge Lorenzo menilai kepindahannya ke Honda musim ini memiliki kesamaan saat dirinya memilih bergabung dengan tim Movistar Yamaha pada 2008 silam. Pada balapan musim lalu, Lorenzo bernaung di tim Ducati.

Kondisi yang sama tersebut adalah saat bergabung dengan Yamaha Valentino Rossi sedang berada di puncak karirnya, dimana pebalap asal Italia itu telah memenangkan lima kali gelar juara dunia MotoGP di kelas primer.

Situasi yang sama saat dirinya bergabung dengan Honda usai Marc Marquez memenangkan lima kali gelar juara dunia MotoGP musim lalu. Bahkan menjadi juara dunia tiga kali berturut-turut.

"Selama karir saya di MotoGP, saya telah berbagi pit box dengan empat pebalap; pertama Valentino, kemudian Spies, lalu Dovi dan sekarang Marc," katanya dilansir Crash.

"Situasi sekarang sangat mirip dengan ketika saya mulai di MotoGP pada 2008, karena pada saat itu Valentino berada di puncak karirnya. Dia tidak memenangkan gelar pada 2006 dan 2007 tetapi dia berjuang untuk gelar dan dia tahu Yamaha banyak," tambahnya.

"Jadi situasinya kurang lebih sama dengan yang saya miliki sekarang. Saya datang ke sini ke tim baru bersama Marc yang adalah rekan setim yang sangat, sangat kuat. Juara dunia yang tahu banyak tentang Honda."

Rossi telah berada di Yamaha selama empat musim ketika Lorenzo tiba, sementara Marquez telah menghabiskan seluruh karir MotoGP selama enam tahun bersama Honda.

Lorenzo memenangkan gelar MotoGP pertamanya sebagai rekan satu tim untuk Rossi pada 2010, mengambil kedua bersama Spies pada 2012 dan ketiga sebagai rekan satu tim untuk Rossi lagi pada 2015. Mahkota 2015 itu juga satu-satunya saat Marquez kehilangan gelar MotoGP.

Pebalap Spanyol itu menggambarkan Marquez pebalap muda yang memiliki semangat tarung luar biasa, sehingga banyak hal yang bisa dipelajari darinya.

"Yang pasti di area itu Marc memiliki keunggulan. Saya akan mengatakan dia fenomenal, dan saya memiliki banyak hal untuk dipelajari darinya. Jadi saya masuk ke tim dengan banyak kebahagiaan dan kebanggaan tetapi juga banyak kerendahan hati, sedikit demi sedikit, untuk memahami segalanya dan mendapatkan hasil," tuturnya.

"Mari kita lihat bagaimana kelanjutannya."

KEYWORD :

Repsol Honda Jorge Lorenzo Movistar Yamaha




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :