Sabtu, 27/04/2024 06:50 WIB

Potensi Dirut PLN Sofyan Basir Dijerat Suap PLTU Riau

Dirut PLN Sofyan Basir berpotensi terjerat kasus suap PLTU Riau-1 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dirut PLN, Sofyan Basir

Jakarta - Dirut PLN Sofyan Basir berpotensi terjerat kasus suap PLTU Riau-1 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam fakta persidangan, Sofyan disebut turut kecipratan uang suap dari bos Blackgold Natural Recourses Limited, Johannes B Kotjo.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, selain fakta persidangan, fokus pembuktian keterlibatan saksi dalam hal ini Sofyan Basir dapat dilihat dari unsur penerimaan suap. Dimana, Sofyan disebut menerima suap dari Kotjo selaku pemenang proyek PLTU Riau-1.

"Kalau itu kasus suap tentu saja fokus pembuktiannya adalah pada unsur-unsur penerimaan suap atau pemberian suap sesuai dengan pasal yang dikenakan," kata Febri, ketika dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (22/1).

Meski demikian, Febri enggan menjelaskan secara detail soal bukti-bukti dugaan penerimaan suap oleh Sofyan Basir dari Kotjo. "Tentu saya enggak bisa sampaikan karena itu bagian dari perkara dan prosesnya juga sedang berjalan," katanya.

Dalam persidangan terdakwa mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih menyebut Sofyan Basir berperan dalam meloloskan perusahaan Blackgold Natural Recourses Limited sebagai konsorsium penggarap proyek PLTU Riau-I.

Sofyan disebut sebagai pihak yang menawarkan proyek PLTU Riau-I kepada mantan Ketua Umum Golkar Setya Novanto dan Eni Saragih, agar digarap oleh perusahaan Blackgold, milik Johannes.

Nama Sofyan memang berulang kali muncul dalam penyidikan atau persidangan kasus suap PLTU Riau-I. Menurut pengakuan Eni, Sofyan sempat dijanjikan menerima fee paling banyak. Namun, akhirnya Sofyan mendapat fee sama dengan yang diterima Eni dan Idrus Marham.

Eni bersama dengan Idrus diduga menerima hadiah atau janji dari Kotjo. Eni diduga menerima uang sebesar Rp6,25 miliar dari Kotjo secara bertahap. Uang itu adalah jatah Eni untuk memuluskan perusahaan Kotjo sebagai penggarap proyek PLTU Riau-I.

KEYWORD :

Suap PLTU Riau Dirut PLN Sofyan Basir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :