Sabtu, 27/04/2024 03:21 WIB

China Rombak Model Bertani, Begini Perubahannya

Traktor otomatis ini sudah mulai diuji coba sejak musim gugur lalu.

China beralih ke mesin otomatis di sektor pertanian (Foto: Hallie Gu/Reuters)

Beijing - Alat pemenanen otomatis di China sudah mulai dioperasikan. Alat pemanen itu disebut-sebut sebagai masa depan di sektor pertanian raksasa di negara itu.

Jurnas.com melansir dari Reutes, traktor otomatis ini sudah mulai diuji coba sejak musim gugur lalu.

Negeri Tirai Bambu itu memang mendorong perusahaan mengembangkan dalam tujuh tahun mesin yang sepenuhnya otomatis. Baik dalam menanam maupun memupuk komoditas pokok seperti beras, gandum, dan jagung.

Pergeseran ke otomatisasi adalah kunci keberhasilan sektor pertanian dalam ekonomi No.2 di dunia karena bergulat dengan tenaga kerja pedesaan yang menua dan kelangkaan kaum muda yang bersedia bekerja keras di tanah.

Negara-negara lain seperti Australia dan Amerika Serikat (AS) sudah menempuh langkah serupa dalam menghadapi tekanan demografis seperti itu, tetapi skala industri pertanian China yang sangat besar berarti taruhannya sangat tinggi dalam upayanya mengotomatisasi pertanian.

"Pertanian otomatis adalah jalan di depan dan permintaan untuk ini di sini sangat besar," kata Cheng Yue, manajer umum pembuat traktor Changzhou Dongfeng CVT Co Ltd, yang menyediakan kendaraan otonom yang juga digunakan pada uji coba di sawah di Xinghua, sebuah kabupaten di provinsi timur Jiangsu.

Namun, jalan menuju otomasi panjang dan dipenuhi dengan hambatan seperti biaya tinggi, medan yang bervariasi di negara ini dan ukuran kecil dari banyak lahan pertaniannya.

"Saya pernah mendengar tentang traktor tanpa pengemudi. Tetapi saya tidak berpikir itu praktis, terutama yang sangat besar," kata Li Guoyong, seorang petani gandum di provinsi Hebei utara China.

"Sebagian besar pertanian di daerahnya hanya beberapa hektar, katanya melalui telepon," sambungnya.

KEYWORD :

Mekanisasi Pertanian Mesin Otomatis Kementerian Pertanian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :