Sabtu, 27/04/2024 03:02 WIB

Erdogan Dukung Turki-Iran Bersatu Lawan AS

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan Turki siap melakukan bagiannya untuk mencapai tingkat hubungan bilateral yang diinginkan.

Presiden Turki Tayyip Erdogan (Foto: Gulftoday)

Ankara- Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan Ankara dan Teheran perlu bersatu mencegah sanksi Amerika Serikat (AS) yang menghalangi negara-negara tetangga mencapai target bilateral mereka.

"Kita harus menghentikan sanksi AS terhadap Iran yang menghalangi kita mencapai target," kata Erdogan di Forum Bisnis Turki-Iran di ibu kota Turki, Ankara, dilansir dari Anadolu.

Ia mengatakan Turki siap melakukan bagiannya untuk mencapai tingkat hubungan bilateral yang diinginkan dengan Iran. "Tidak seorang pun boleh mengharapkan kami mengakhiri hubungan ekonomi dan perdagangan dengan Iran karena sanksi," tambahnya.

Erdogan mengatakan dia yakin sanksi terhadap Iran dapat diubah menjadi peluang bagi kedua negara untuk meningkatkan hubungan bilateral mereka.

Pada Agustus, AS kembali memberlakukan sanksi babak pertama yang ditujukan terutama pada sektor perbankan Iran. Fase kedua dari sanksi tersebut, yang menargetkan sektor energi Iran, mulai berlaku pada 5 November.

Namun, Washington memberikan penangguhan 180 hari kepada delapan pembeli terbesar minyak Iran.

KEYWORD :

Iran Amerika Serikat Hubungan Perdagangan Turki




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :