Jum'at, 26/04/2024 13:13 WIB

Cara Asyik Ngemil Tanpa Rasa Bersalah

Makanan favorit camilan biasanya memiliki karakter ringan, renyah, gurih, asin, asam, pedas atau kombinasi rasa yang ada.

Ilustrasi camilan (Foto: Boldsky)

Jakarta - Konsumsi makanan di luar makan pagi, siang atau malam biasa disebut ngemil yang tentunya bukan merupakan "dosa". Namun, bila dilakukan secara berlebihan dan jangka panjang bukan tak mungkin jadi penyebab kenaikan berat badan.

Keinginan ngemil sendiri muncul akibat penurunan kadar gula di dalam darah yang umumnya terjadi setelah empat jam dari makan terakhir.

Sebenarnya Anda tak perlu khawatir stay menghindar karena camilan bisa kita jumpai dimana saja. Namun, Anda bisa kok mensiasati agar tetap dapat meningkatkan efektivitas kerja, keakraban, pengisi waktu atau kesehatan tubuh.

Berikut empat cara siasati ngemil agar tetap asyik menurut Dokter Keolahragaan Michael Triangto:

1. Hindari terjadinya waktu kosong yang tak berguna dengan menyibukkan diri atau olahraga sehingga akan mengurangi kesempatan ngemil.

2. Pilih makanan camilan yang bersifat padat dan kemasannya tidak berjumlah banyak misalnya suplemen pengisi energi sebelum olahraga.

3. Membatasi jumlah camilan yang ada dengan cara memindahkan dari toples ke wadah mangkuk kecil.

4. Kunyah camilan selama mungkin sebelum ditekan, proses mengunyah ini memperlambat masuknya makan berikutnya dan mampu mengurangi jumlah camilan yang masuk dalam tubuh kita.

Nah, sudah siap beli camilan untuk acara akhir tahun. 

KEYWORD :

Camilan Sehat Tips Ngemil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :