Jum'at, 26/04/2024 13:09 WIB

Penangkapan CFO Huawei Bikin China Geram

Kedutaan China di Kanada, sementara itu, menuntut pembebasan segera Meng, yang juga wakil ketua dewan Huawei dan putri pendiri perusahaan Ren Zhengfei.

Logo perusahaan Huawei

Jakarta - Meng Wanzhou, chief financial officer raksasa telekomunikasi Cina Huawei, telah ditangkap di Kanada dan menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat.

Dalam sebuah pernyataan pada Rabu (05/12), kementerian kehakiman Kanada, mengatakan Meng ditangkap di Vancouver pada 1 Desember lalu.

"Dia dicari untuk diekstradisi oleh Amerika Serikat, dan pemeriksaan jaminan telah ditetapkan untuk hari Jumat," bunyi pernyataan tersebut dilansir Al-Jazeera.

Kementerian menambahkan tidak dapat memberikan rincian lebih lanjut karena larangan publikasi yang dicari oleh Meng.

Bereaksi terhadap penangkapan Meng, Huawei mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya tidak menyadari kesalahan apa pun oleh eksekutifnya, menambahkan bahwa itu mematuhi semua hukum yang berlaku.

"Perusahaan telah memberikan sangat sedikit informasi mengenai tuduhan itu dan tidak mengetahui adanya kesalahan oleh Meng (Wanzhou)," kata perusahaan itu.

Kedutaan China di Kanada, sementara itu, menuntut pembebasan segera Meng, yang juga wakil ketua dewan Huawei dan putri pendiri perusahaan Ren Zhengfei.

"Pihak China telah mengajukan pernyataan keras dengan pihak AS dan Kanada, dan mendesak mereka untuk segera memperbaiki kesalahan dan mengembalikan kebebasan pribadi Ms. Meng Wanzhou," katanya dalam sebuah pernyataan di situsnya.

KEYWORD :

CFO Huawei Kanada Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :