Kamis, 13/12/2018 15:11 WIB

Dialog "Misterius" Presiden Prancis dengan Putra Mahkota Saudi

Eropa akan mendesak para ahli internasional untuk menjadi bagian dari investigasi atas pembunuhan Khashoggi.

Mohammed bin Salman dan Macron bertemu di sela-sela KTT G20 di Argentina (Foto: Kementerian Luar Negeri Saudi melalui Twitter)

Argentin - Presiden Prancis, Emmanuel Macron bertemu Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman di sela-sela KTT G20 di ibukota Argentina, Buenos Aires.

Menurut pejabat di Istana Elysee, Macron menyampaikan pesan sangat tegas kepada pangeran Saudi atas pembunuhan kolumnis Washington Post Jamal Khashoggi pada bulan Oktober, serta perang yang sedang berlangsung di Yaman.

Macron mengatakan, Eropa akan mendesak para ahli internasional untuk menjadi bagian dari investigasi atas pembunuhan Khashoggi, kantor berita Reuters melaporkan.

Namun, pada momen tak sengaja Presiden Macron tertangkap kemera sedang berbisik-bisik dengan Putra Mahkota Saudi. Dialog kedua pemimpin tersebut dibagikan media Arab Saudi berbahasa Inggris.

Dalam video tersebut, Pangeran Mohammed, yang juga dikenal sebagai MbS, terdengan dengan jelas mengatakan kepada pemimpin Prancis untuk tidak khawatir, saat Macron mengatakan, "Saya khawatir".

Macron kemudian memberi tahu MbS, "Anda tidak pernah mendengarkan saya", di mana sang pangeran menjawab, "Saya akan mendengarkan, tentu saja."

Kemunikasi kedua negara tersebut tidak jelas, tetapi para pemimpin Barat, termasuk Macron dan Perdana Menteri Inggris Theresa May berjanji menghadapi pangeran Saudi atas pembunuhan Khashoggi, yang menghilang di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Beberapa negara bagian, termasuk AS dan Kanada, telah mengeluarkan sanksi terhadap agen Saudi yang terlibat dalam pembunuhan itu, tetapi kecurigaan kuat tetap ada pada peran pangeran mahkota Saudi dalam kematian.

Prancis juga memberlakukan sanksi, termasuk larangan perjalanan, pada 18 warga Saudi terkait dengan pembunuhan itu. Pejabat Prancis juga mengatakan akan memberlakukan sanksi lebih banyak tergantung hasil penyelidikan.

TAGS : Jamal Khashoggi Arab Saudi KKT G20 Argentina




TERPOPULER :