Jum'at, 26/04/2024 12:03 WIB

China Adili 3.500 Orang Pencemar Udara

Kantor Jaksa Agung China, pada briefing Kamis kemarin mengatakan tidak akan memberi toleransi

Asap pabrik menyebabkan polusi di udara (foto: Google)

Beijing - Kurang lebih 3.500 orang diadili karena mencermakan udara di China dalam 10 bulan pertama tahun ini, hampir 40 persen dibandingkan tahun lalu.

Pemerintah China sudah berjuang untuk menegakkan undang-undang perlindungan lingkungannya karena pemerintah lokal yang terobsesi pada pertumbuhan menutup mata terhadap polusi perusahaan lokal, dan telah berusaha memastikan yang melanggar dihukum dengan benar.

Dilansir dari Al Jazeera, Kantor Jaksa Agung China, pada briefing Kamis kemarin mengatakan, tidak akan memberi toleransi "toleransi nol" pelaku kejahatan lingkungan.

Ia juga menerangkan bahwa China telah menuntut hampir 8.500 orang karena pelanggaran yang lebih luas dari sumber daya yang merusak dalam 10 bulan pertama, naik 44 persen dibandingkan tahun lalu.

Jumlah penuntutan pidana masih kecil dibandingkan dengan hampir 130.000 pelanggaran lingkungan yang dilaporkan dalam sembilan bulan pertama tahun ini, yang menyebabkan denda USD1,53 miliar, menurut data kementerian lingkungan.

Sekedara diketahui, Beijing sedang mendorong pengadilan dan departemen kepolisian untuk membentuk divisi lingkungan khusus, sementara regulator keuangan dan departemen pemerintah lainnya untuk memainkan peran yang lebih besar dalam menghukum para pelaku.

Dalam pidato awal tahun ini, Presiden China Xi Jinping berjanji untuk mengerahkan seluruh beban negara untuk membalikkan dekade kerusakan lingkungan. Ia memerintahkan peara pembantunya menyusun rencana memerangi polusi.

China juga membentuk badan untuk menindak pelanggaran pemerintah lokal yang gagal menangani kasus polusi, menurut dokumen yang diterbitkan oleh pengawas korupsi  pekan ini.

Tim anti-korupsi di seluruh China telah menyelidiki pejabat sejak gagal memperbaiki masalah lingkungan, menurut pemberitahuan yang dipublikasikan di situs web Komisi Inspeksi Disiplin Pusat (CCDI), yang biasanya menangani korupsi dan tindakan pelanggaran lainnya.

Pada pertemuan badan disiplin di Xian di China barat laut, para pejabat ditegur atas kegagalan pengawasan selama pembangunan pipa air limbah, CCDI mengatakan dalam sebuah pemberitahuan pada hari Kamis.

"Dalam kasus lain, komite disiplin partai lokal Sichuan menghukum kader-kader Partai Komunis setempat karena gagal menanggapi keluhan publik tentang rumah jagal anjing yang tidak diatur di kota Jianyang," kata CCDI.

KEYWORD :

Pencemaran Lingkungan Polusi Udara China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :