Jum'at, 26/04/2024 21:21 WIB

Peristiwa Sejarah 14 November

Tanggal14 November mungkin hanya spesial bagi orang-orang yang dilahirkan di tanggal itu, atau seseorang yang mengalami kejadian istimewa pada tanggal tersebut, sehingga selalu terngiang dalam ingatan.

pilot Eugene Burton Ely

Jakarta - Tanggal14 November mungkin hanya spesial bagi orang-orang yang dilahirkan di tanggal itu, atau seseorang yang mengalami kejadian istimewa pada tanggal tersebut, sehingga selalu terngiang dalam ingatan.

Tapi taukah Anda bahwa tanggal 14 November banyak kejadian bersejarah terjadi, salah satunya jatuhnya pesawat Southern Airways Flight 932 di luar Huntington, yang menewaskan para pesepakbola universitas marshall.

Berikut peristiwa bersejarah yang terjadi pada 14 November, sebagaimana dilansir UPI:

Pada 1666, transfusi darah pertama terjadi di London. Darah dari satu anjing ditransfusikan ke yang lain.

Pada tahun 1832, trem pertama yang dibuat namun menggunakan kuda muncul di New York. Trem merupakan kereta yang memiliki rel khusus di dalam kota.

Pada tahun 1889, reporter koran Nellie Bly berangkat untuk memecahkan rekor fiktif pelayaran di seluruh dunia dalam 80 hari yang ditetapkan oleh karakter Jules Verne Phileas Fogg. Dia melakukan perjalanan dalam 72 hari, 6 jam, 11 menit dan 14 detik.

Pada tahun 1910, pilot Eugene Burton Ely berhasil menyelesaikan peluncuran kapal pertama, membuka jalan menuju pengembangan kapal induk sebagai bagian dari armada angkatan laut modern.

Pada tahun 1922, layanan radio British Broadcasting Service (BBC) dimulai di Britania Raya.

Pada tahun 1940, pesawat Jerman membom Coventry, Inggris, membunuh dan melukai ratusan orang dan menghancurkan atau merusak 69.000 bangunan.

Pada tahun 1970, anggota tim sepak bola Universitas Marshall termasuk di antara 75 korban ketika Southern Airways Flight 932 jatuh di luar Huntington, W.Va.

Pada 1986, Gedung Putih mengakui peran CIA dalam pengiriman senjata secara rahasia ke Iran .

Pada tahun 1993, penduduk Puerto Rico memilih mendukung melanjutkan status persemakmuran Amerika Serikat.

Pada tahun 1994, Terowongan Chunnel sepanjang 31 mil di bawah Selat Inggris dibuka untuk lalu lintas penumpang antara Inggris dan Perancis.

Pada tahun 2009, para ilmuwan NASA melaporkan menemukan setidaknya 26 galon air di bulan setelah mempelajari hasil misi satelit L-cross mereka, menunjukkan apa yang mereka sebut kemungkinan mempertahankan kehidupan di sana.

Pada 2013, seorang hakim federal menghukum mantan mafia Boston James "Whitey" Bulgar menjadi dua hukuman seumur hidup ditambah lima tahun atas 11 pembunuhan.

Pada tahun 2016, Disney`s Moana, menampilkan karya suara Dwayne Johnson dan Auli`i Cravalho, memiliki penayangan perdana dunia di Los Angeles.

KEYWORD :

Peristiwa Sejarah Bulan November




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :