Jum'at, 26/04/2024 07:01 WIB

Orientasi Hidup Sehat Indonesia Masih Terbatas

Aktivitas diet yang kebanyakan dilakukan masyarakat Indonesia utamanya hanyalah menurunkan berat badan.

Ilustrasi diet (foto: Daily Star)

Jakarta - Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 memperlihatkan tren kesadaran masyarakat Indonesia untuk pola hidup sehat telah semakin meningkat.

Namun demikian, riset yang sama menyatakan bahwa sebanyak 26,1 persen masyarakat Indonesia masih kurang melakukan aktivitas fisik; sebanyak 93,5 persen masih tergolong kurang makan sayur dan buah; 53,1 persen gemar makanan dan minuman manis; sementara 40,7 persen masih kerap mengonsumsi makanan berlemak.

Menanggapi data tersebut, Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, mengatakan jika orientasi masyarakat Indonesia dalam mewujudkan hidup sehat umumnya masih terbatas pada kegiatan olah raga dan diet yang kebanyakan tujuan utamanya hanyalah menurunkan berat badan.

Sementara mereka kurang pengetahuan akan pentingnya gizi seimbang dalam diet sehat yang benar.

"Padahal asupan nutrisi yang berimbang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah timbulnya penyakit,” ujarnya.

dr. Samuel lebih lanjut menjelaskan bahwa untuk pemenuhan gizi seimbang, seseorang perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan setiap individu – tanpa meninggalkan aktivitas fisiknya.

Kurangnya pemahaman akan pola konsumsi dan gaya hidup yang sehat, serta kesibukan tinggi dengan tingkat stres yang cukup tinggi, yang umumnya dijalani oleh penduduk urban, telah memicu pergeseran pola penyakit katastropik dan penyakit degeneratif seperti ginjal, diabetes, jantung, hipertensi dan sebagainya.

Konsumsi yang cerdas dan penuh kesadaran akan kesehatan merupakan langkah besar menuju hidup sehat berkualitas.

"Saya sangat menganjurkan konsumsi makanan dari bahan-bahan alami dan tambahan superfood. Kelompok makanan super ini dapat menjadi makanan pelengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi maupun zat aktif harian yang baik untuk tubuh dan dapat memberikan berbagai manfaat seperti mencegah penyakit tertentu, mendukung vitalitas dan kesehatan, kecantikan hingga meningkatkan kualitas otak,” tegas ahli gizi ini.

KEYWORD :

Diet Gaya Hidup Sehat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :