Jum'at, 26/04/2024 11:38 WIB

Ketika Pakaian Pria Turut Mengisi Ceruk Pasar Mode

Sebanyak 20 emifinalis lomba perancang mode menswear 2018 telah dipilih untuk dibawa ke gelaran Jakarta Fashion Week.

10 finalis terpilih akan memamerkan karya mereka di panggung hari keempat Jakarta Fashion Week (Foto: JFW)

Jakarta - Untuk kedua kalinya, Jakarta Fashion Week menyelenggarakan Lomba Perancang Mode (LPM) Menswear. Kompetisi ini diadakan untuk mengisi ceruk pasar di bisnis gaya hidup pria yang mengalami kebangkitan di separuh dekade belakangan.

Tahun 2018, LPM Menswear berhasil menjaring 119 peserta, yang kemudian diseleksi menjadi 20 Semifinalis.

Para dewan juri awal yang terdiri atas Petty Fatimah (Chief Community Officer Femina), Zornia Harisantoso (Program & Editorial Director Jakarta Fashion Week), Ai Syarif (Creative Advisor Jakarta Fashion Week), Leoni Sihombing (Chief Community Officer Gadis), Arni
Kusumadewi (Senior Fashion & Beauty Editor Femina), serta Margaretha Untoro (Chief Community Officer Dewi) dan Erin Metasari (Executive Fashion & Beauty Editor Dewi) melakukan penjurian tertutup pada karya-karya kreatif ini.

Tidak hanya dinilai dari segi artistik dan kreativitas, para peserta juga harus bisa menjelaskan konsep dan teknik pembuatan secara menyeluruh.

Tak ketinggalan, kecocokan konsep dengan tema yang diberikan, yaitu Reflection of Culture, menjadi poin utama penjurian. Budaya yang diangkat tidak terbatas pada budaya nasional dan tradisional saja, namun juga budaya pop dan budaya dari penjuru dunia lain.

Dewan Juri juga menilai koleksi berdasarkan daya pakai dan daya jual karya tersebut. Penjurian untuk memilih finalis akan dilaksanakan tanggal 1 Oktober 2018 secara tertutup di Jakarta Selatan.

Desainer Misan Kopaka, yang karier modenya dimulai dari sebuah perlombaan adibusana, hadir sebagai juri sekaligus mentor bagi para semifinalis.

Berlatar belakang pendidikan kedokteran, Misan dengan berani mengubah jalur kariernya setelah mendapatkan popularitas berkat kemenangannya.

Sepuluh Finalis terpilih akan memamerkan karya mereka di panggung hari keempat Jakarta Fashion Week tanggal 23 Oktober 2018 di Senayan City, Jakarta.

KEYWORD :

Mode Pria Jakarta Fashion Week




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :