Selasa, 20/11/2018 18:12 WIB

California Teken UU 100 Persen Listrik Bersih 2045

California sejauh ini dinilai paling serius, pasca menetapkan kesepakatan itu dalam peraturan perundang-undangan.

Pembangkit listrik tenaga surya merupakan contoh listrik bersih

New York – Gubernur California Jerry Brown menandatangani undang-undang, yang berisi komitmen penggunaan 100 persen energi listrik bersih pada 2045 mendatang.

Setidaknya 20 negara telah membuat kesepakatan tersebut, namun California sejauh ini dinilai paling serius, pasca menetapkan kesepakatan itu dalam peraturan perundang-undangan.

“RUU ini, ditambah dengan perintah eksekutif menjadikan California berada di jalur terdepan untuk memenuhi Perjanjian Iklim Paris,” ujar Brown saat upacara penandatanganan di ibu kota negara Sacramento.

“Memang tidak akan mudah, tidak akan segera, tapi itu harus dilakukan,” imbuhnya.

Dilansir dari AFP, di panggung internasional, California muncul sebagai pendorong Perjanjian Iklim Paris, pasca Presiden AS Donald Trump memutuskan keluar dari kesepakatan tersebut.

Menurutnya, California sebagai negara bagian AS yang sangat makmur, tetap mengambil tindakan yang agresif terhadap perubahan iklim yang terjadi selama beberapa periode terakhir.

“Jadi saya harap komitmen ini akan membuat Prancis dan Jerman menaikkan ambisi mereka sendiri, karena kita harus melakukan lebih dari yang kita lakukan sekarang,” ujarnya.

Diketahui, sektor listrik menyumbang 16 persen dari emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh California. Selain visi listrik bersih, negara tersebut juga berkomitmen memangkas emisi gas rumah kaca hingga 40 persen pada 2030.

TAGS : Iklim Listrik California Rumah Kaca




TERPOPULER :