Selasa, 20/11/2018 12:41 WIB

Begini Cara Menangkal Hama Bawang Putih

Perangkap likat kuning terbukti efektif mengurangi penggunaan pestisida.

Perangkat likat kuning (Foto: Ist)

Magelang - Kementerian Pertanian (Kementan) menyarankan agar petani bawang putih menggunakan perangkap likat kuning untuk mengendalikan hama.

Demikian disampaikan Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Prihasto Setyanto, saat mengunjungi kawasan bawang putih hasil kerjasama Kelompoktani Regek dengan importir bawang putih PT Citra Gemini Mulya, di Desa Sutopati Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang, (8/9).

"Perangkap likat kuning terbukti efektif mengurangi penggunaan pestisida karena mampu menangkap hama lebih cepat, murah dan pasti lebih ramah lingkungan," ujar Prihasto.

Pria yang disapa Anton itu menerangkan, perangkap likat kuning adalah perangkap untuk menangkap serangga yang terbuat dari plastik berwarna kuning yang dilapisi lem.

"Cara membuatnya gampang dan murah, cukup siapkan plastik berwarna kuning ukuran 15 x 21,5 cm yang dilapisi oleh plastik bening dan diolesi dengan lem tikus. Pasang dengan tiang ajir bambu. Satu hektar idealnya dipasang 40 perangkap," tutur Anton.

Menurut Anton, Kementan mendorong seluruh pengembangan bawang putih, baik melalui APBN, swadaya maupun kerjasama kemitraan dengan importir, dapat mengaplikasikan teknologi sederhana dan tepat guna tersebut.

"Kita tidak mau program menuju swasembada bawang putih gagal akibat pengendalian hama dan penyakit yang asal-asalan atau tidak ramah lingkungan," tukasnya.

TAGS : Kementan bawang putih




TERPOPULER :