Senin, 24/09/2018 01:24 WIB

Akhir Jabatan, Menteri Amran Bertekad kembalikan Kejayaan Rempah-rempah

Amran juga akan meletakkan pondasi sektor pertanian, membangun rain water harvester system, embung dan seterusnya di seliruh Indonesia.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan arahan usai penanaman perdana jagungd i Pekon Srikaton Kecematan, Adiluwih, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung,(Foto: Ist)

Lampung - Kurang lebih satu tahun lagi Andi Amran Sulaiman menjabat sebagai Menteri Pertanian. Di waktu yang tersisa, Putra Bone itu berjanji akan menyukseskan impiannya. Apa saja itu?

Setelah sukses mengembalikan kejayaan jagung, pria yang dijuluki Bapak Jagung itu bertekad mengembalikan kejayaan bawang putih yang dicanangkan swasembada pada 2021.

Selain itu, Amran juga akan meletakkan pondasi sektor pertanian, membangun rain water harvester system, embung dan seterusnya di seluruh Indonesia. Termasuk sumur dalam dan dangkal.

"Nah dulu planting indexnya hanya satu kali, sekarang bagaimana kita naikkan dua kali atau menjadi tiga kali. Artinya pendapatan petani naik tiga kali. Itu target kami," jelas Amran di Palembang, Selasa (4/9).

Selain itu, Kementerian Pertanian (Kementan) akan membangun lahan pasang surut. Menurut Amran, di Palembang kurang lebih 5 ribu yang telah dibangun. Sementara Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan dalam proses pembangunan.

"Dulu lahan pasang surut ini, kalau musim kering terbakar. Kita ekspor asap. Sekarang sudah bisa nanam dua kali, bahkan sudah bisa hingga tiga kali yang dulunya tidak produktif," ungkap Amran.

"Itu mimpi besar kami di sektor pertanian. Ke depan kami bertekad mengembalikan kejayaan rempah-rempah Indonesia sama terkenalnya tahun 1602," tegas Amran.

TAGS : Kementan Andu Amran Sulaiman swsembada bawang putih




TERPOPULER :