Senin, 25/01/2021 23:51 WIB

13 Universitas Iran Masuk Kategori Kampus Terbaik Dunia

Shanghai Ranking adalah salah satu dari tiga sistem otentik di panggung internasional. Kualitas pendidikan, kualitas anggota fakultas, hasil penelitian dan fungsi per kapita adalah empat kriteria yang digunakan dalam ShanghaiRanking Consultancy yang dievaluasi oleh 6 parameter.

Kampus Iran (Foto: Irna)

Tehran - Shanghai Ranking merilis Ranking Akademik Universitas Dunia (ARWU) 2018. Sebanyak 13 universitas Iran bersanding di antara 1.000 universitas terkemuka di dunia. Demikian kata pengurus Islamic Science Center Isitation (ISC) Mohammad Javad Dehghani.

"Shanghai Ranking salah satu penyaji ranking dunia terkemuka yang hasilnya dirilis oleh Universitas Shanghai Xiaoteng. Peringkat dunia 2018, dua universitas Amerika Serikat (AS) dari Harvard dan Stanford dan Cambridge. Kemudian Inggris menempati peringkat pertama hingga ketiga," kata Dehghani.

Juru kunci ISC menyatakan, "Shanghai Ranking adalah salah satu dari tiga sistem otentik di panggung internasional. Kualitas pendidikan, kualitas anggota fakultas, hasil penelitian dan fungsi per kapita adalah empat kriteria yang digunakan dalam Shanghai Ranking yang dievaluasi oleh 6 parameter.

"Peringkat global Shanghai 2018 memasukkan 13 universitas Iran sebagai universitas kategori teratas sementara pada tahun lalu hanya ada delapan universitas yang telah ditempatkan di peringkat," terang pejabat itu.

Lebih lanjut, ia menyatakan, "Pada 2018, 5 universitas Sains dan Industri, Universitas ilmiah Noshirvani Babol, Ilmu Kedokteran Martir Beheshti, Shiraz, Ilmu Kedokteran Iran diberi peringkat untuk pertama kalinya.

Tehran University menduduki peringkat 11 di antara 400 universitas ternama di dunia sementara Universitas Industri Amirkabir menduduki peringkat ketiga di ShanghaiRanking, Dehghani menyinggung.

Menurut laporan itu, sebanyak 35 Universitas AS menempati posisi teratas dari 54 mata pelajaran, kemudian disusul sembilan institusi dari China (termasuk Hong Kong) dan tiga dari Belanda.

Lembaga dengan kinerja terbaik masih dipegang Harvard. Ia berhasil mengumpulkan 17 mahkota, sembilang di antaranya berasal dari mata pelajaran Ilmu Sosial, empat dari Ilmu Kedokteran, dua dari Ilmu Pengetahuan Alam, dan dua dari Teknik. MIT menempati lima mata pelajaran, empat di antaranya merupakan mata kuliah teknik.

Universitas lain yang menduduki lebih dari satu peringkat mata pelajaran termasuk University of Pennsylvania dan University of Colorado di Boulder dari Amerika Serikat, Universitas Wageningen dari Belanda, dan Nanyang Technological University dari Singapura.

Sejak tahun 2003, ARWU menghadirkan 500 universitas top dunia setiap tahun berdasarkan metodologi transparan dan data pihak ketiga yang obyektif.

Ini telah diakui sebagai penyaji peringkat universitas dunia dan terpercaya. Tahun ini, universitas peringkat antara 501 dan 1000 juga dirilis sebagai ARWU World Top 500 Candidates.

TAGS : Shanghai Ranking Harvard Iran




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :