Jum'at, 20/07/2018 13:47 WIB

Trump Buka Peluang Tinggalkan Inggris

Trump mengatakan, jika jadi May, dia seharusnya menyikapi Brexit dengan cara yang berbeda.

Presiden AS Donald Trump berbicara saat upacara penanaman pohon dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron di South Lawn Gedung Putih di Washington (23/4). (Foto: Reuters)

London - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, rencana Perdana Menteri Theresa May untuk Brexit kemungkinan besar akan menghancurkan hubungan perdagangan AS-Inggris.

"Jika mereka melakukan hal itu, kami akan berurusan dengan Uni Eropa ketimbang dengan Inggris. Jadi, mungkin akan membunuh kesepakatan (perdagangan) selama ini," kata Trump dalam sebuah interview dilansir dari AFP.

Dalam kesempatan itu, Trump mengomentari pengunduran diri sejumlah menteri Inggris termasuk Boris Johnson dari jabatan Menteri Luar Negeri, yang dipandang sebagai calon penantang May, dan akan menjadikannya sebagai seorang perdana menteri yang hebat.

Kepada awak media, Trump juga mengatakan, jika jadi May, dia seharusnya menyikapi Brexit dengan cara yang berbeda.

"Saya akan melakukannya dengan cara yang berbeda. Saya benar-benar mengatakan itu kepada May, tapi dia tidak setuju. Dia tidak mendengarkan saya. Dia ingin ke rute lain, "ujar Trump.

Sebelumnya, May berencana mempertahankan ikatan perdagangan dengan Uni Eropa. Namun kebijakan ini ditentang oleh sejumlah pihak yang sejak awal mendukung Brexit.

Menurut Trump, May harus mendengarkan suara mayoritas terkait Brexit, alih-alih terus mempertahankan kebijakan terbarunya.

"Itu bukan kesepakatan yang ada dalam referendum. Saya tahu banyak yang mengundurkan diri. Mereka tidak menyukai May," ujar Trump.

TAGS : Trump Theresa May Brexit




TERPOPULER :