Jum'at, 20/07/2018 13:51 WIB

Gua Tham Luang Bakal Diubah Jadi Museum

Rencana itu muncul sebagai bentuk penghormatan atas operasi berbahaya yang dilakukan oleh para tim penyelam.

Evakuasi remaja di gua Tham Luang, Thailand (Foto: AFP)

Bangkok – Tak lama lagi, gua tempat 13 remaja Thailand terjebak selama lebih dari dua minggu, akan disulap jadi musem oleh pemerintah. Rencana itu muncul sebagai bentuk penghormatan atas operasi berbahaya yang dilakukan oleh para tim penyelam.

Setidaknya, satu rumah produksi film Hollywood juga sudah bekerja sama untuk menghasilkan sebuah film, yang menceritakan tentang penyelamatan heroik tersebut. Mulai dari hilangnya 12 anak laki-laki dan satu pelatih, penyelam dan petugas medis yang mempertaruhkan hidup, hingga pembebasan tim `Wild Boars` pada Selasa (10/7) kemarin.

Salah satu di antaranya mitra pengelola ruma produksi Pure Flix, Michael Scott. Dia mengatakan perusahaan bermaksud untuk mengejar misi melawan kemungkinan yang tipis.

“Kami di sini benar-benar melihat kejadian itu sebagai sebuah film yang menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia,” kata Scott.

Sementara Kepala Tim Penyelamat Narongsak Osottanakorn yakin, lokasi Gua Tham Luang tak lama lagi akan ramai oleh pengunjung.

“Saya yakin ini akan jadi sorotan lain di Thailand. Turis akan datang berkunjung,” ujar Narongsak.

Meski evakuasi sudah usai, kesibukan petugas di Gua Tham Luang tak berhenti begitu saja. Sekitar 50 petugas masih bekerja di lokasi tersebut, hingga akhir pekan nanti.

“Tidak ada yang diizinkan masuk ke dalam gua sama sekali, meskipun masih ada banyak peralatan, karena ketinggian air telah meningkat sejak misi penyelamatan,” jelasnya.

TAGS : Gua Thailand Banjir




TERPOPULER :