Kamis, 25/04/2024 20:35 WIB

Mantan Pelatih Prediksi Jepang Bakal Kesulitan di Piala Dunia

Jepang masuk Grup H di Piala Dunia 2018 bersama Polandia, Senegal, dan Kolombia. Pada laga pertama, mereka akan bertemu Kolombia di Mordovia Arena

Timnas Jepang (foto: google)

Jakarta - Mantan pelatih Philippe Troussier memprediksi tim nasional Jepang bakal kesulitan menjalani laga di Piala Dunia 2018 di Rusia. Menurutnya, Jepang tak diuntungkan oleh jadwal pertandingan di babak penyisihan grup.

"Sekalipun mereka tampil di bawah arahan Jose Mourinho atau Arsene Wenger, akan sangat sulit bagi Jepang untuk melaju ke babak 16 besar," ujar Troussier dilansir Sport.

Jepang masuk Grup H di Piala Dunia 2018 bersama Polandia, Senegal, dan Kolombia. Pada laga pertama, mereka akan bertemu Kolombia di Mordovia Arena, Saransk, pada 19 Juni 2018.

"Jika pada laga pertama mereka menghadapi Polandia, mungkin akan berbeda. Tapi, fakta bahwa mereka akan menghadapi Kolombia kemudian Senegal, bagi saya di atas kertas Jepang sama sekali tak punya peluang untuk lolos," tambah Troussier.

Troussier juga menyayangkan keputusan Jepang yang secara kontroversial mendepak Vahid Halihodzic dari kursi pelatih pada April lalu. Sebagai gantinya, mereka mengangkat Akira Nishino, mantan Direktur Teknik di Asosiasi Sepakbola Jepang (JFA). Praktis Nishino cuma punya waktu sekitar dua bulan untuk mempersiapkan tim sebelum Piala Dunia 2018.

"Jepang menghadapi tekanan yang sangat berat karena mereka sekarang harus lolos ke babak 16 besar. Jika tidak, itu akan menjadi kegagalan untuk JFA," katanya.

"Kolombia dan Senegal punya tiga, empat, sampai lima pemain yang bisa membuat perbedaan kapan saja," lanjutnya.

"Situasi itu menjadi masalah. Potensi individu yang dimiliki Senegal dan Kolombia akan sangat menyulitkan Jepang," ujar Troussier, yang mengantarkan Jepang ke babak 16 besar Piala Dunia 2002.

Di bawah arahan Nishino, Jepang meraih hasil-hasil mengecewakan pada laga-laga pemanasan. Keisuke Honda dan kawan-kawan kalah dari Ghana dan Swiss, masing-masing dengan skor 0-2.

KEYWORD :

Jepang Piala Dunia Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :