Jum'at, 26/04/2024 20:05 WIB

Tips Puasa Sehat dan Kuat Sepanjang Hari

Diet yang seimbang adalah kunci untuk berpuasa sehat selama ramadan.

Ilustrasi.(Influencive)

Jakarta - Puasa selama bulan ramadan memiliki risiko tinggi dehidrasi karena makanan dan minuman terbatas sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam. Lebih jauh lagi, karena orang-orang yang berpuasa didorong untuk bangun pagi-pagi sekali untuk makan sahur, kurang tidur dan dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala.

Tetap sehat selama puasa apabila mengkonsumsi makanan yang tepat dan dalam jumlah yang tepat. Berikut ini beberapa tips puasa sehat.

1. Jangan melewatkan sahur
Pada hari-hari biasa, sarapan sangat penting bagi aktivitas seharian, begitupula sahur, penting selama ramadan. Meskipun melewatkan sahur untuk tidur nyenyak mungkin terdengar menarik, tapi sebaiknya jangan.

Melewatkan sahur memperpanjang periode puasa karena tubuh Anda harus bergantung pada makanan sebelumnya untuk memberi semua nutrisi dan energi sampai Iftar (buka puasa). Karena jam puasa yang lebih lama, Anda lebih cenderung merasa dehidrasi dan lelah di siang hari. Selain itu, melewatkan sahur juga mendorong makan berlebihan saat buka puasa, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat.

2. Jangan makan berlebihan saat buka puasa

Sama seperti tidak disarankan untuk melewati sahur, makan berlebihan ketika tiba saatnya untuk berbuka puasa dapat membahayakan tubuh Anda. Buka puasa harus menjadi santapan yang seimbang, bergizi dan bukan pesta. Makan berlebih dan konsumsi makanan berlemak tinggi secara berlebihan khususnya dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan penambahan berat badan. Jadi, sebaiknya pelan-pelan dan nikmati setiap suap makanan Anda.

3. Hindari makan gorengan, makanan asin, dan makanan tinggi gula
Tidak jarang orang saat buka puasa orang akan makan makanan yang berminyak, berlemak, tinggi gula, dan kaya karbohidrat. Meskipun makanan ini membuat Anda merasa baik dalam jangka pendek, namun dapat membuat puasa pada hari berikutnya lebih sulit. Selain berat badan yang tidak sehat, mengkonsumsi makanan berlemak dan bergula juga menyebabkan kelesuan dan kelelahan. Selain itu, Anda harus membatasi asupan garam, terutama selama sahur karena dapat meningkatkan rasa haus.

Sebaliknya, cobalah menggabungkan makanan dari semua kelompok makanan utama termasuk buah dan sayuran, nasi dan alternatif lainnya, serta daging-dagingan. Mengkonsumsi makanan kaya serat selama ramadan juga ideal karena mereka dicerna lebih lambat daripada makanan olahan sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Minum air sebanyak mungkin
Minum air sebanyak mungkin antara Iftar dan sahur mengurangi risiko dehidrasi selama berpuasa. Lakukan setiap upaya untuk minum setidaknya delapam gelas air setiap hari sebelum fajar dan setelah matahari terbenam. Cairan termasuk jus, susu, minuman dan sup tetapi air adalah pilihan terbaik. Idealnya, Anda juga harus mengurangi minuman berkafein seperti kopi, teh dan cola karena ini memiliki efek diuretik dan meningkatkan kehilangan cairan.

KEYWORD :

ramadan tips puasa sahur sehat nutrisi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :