Jum'at, 26/04/2024 09:46 WIB

Ayo Berbuka Puasa dengan Buah Manis!

Tak disarankan berbuka langsung dengan porsi makan yang banyak agar sistem pencernaan mampu melakukan penyesuaian.

Ilustrasi berpuasa

Jakarta - Memasuki bulan Ramadan, menjaga pola makan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Menurut Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes RI, dr. Eni Gustina, MPH, buah-buahan manis baik untuk dijadikan menu utama saat berbuka puasa.

“Diawali dengan air putih hangat, lalu kita dari kesehatan menyarankan buah-buahan segar yang manis (tidak asam). Secara agama juga kan dianjurkan kurma ya. Kurma itu mengandung karbohidrat dan energi”, ujar dr. Eni, saat ditemui usai kegiatan pembukaan Seminar Kesehatan dan Gizi Remaja di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Selasa (15/5).

Seperti yang dilansir dari laman Kemenkes, lebih lanjut dikatakan bahwa tidak disarankan untuk berbuka langsung dengan porsi makan yang banyak agar sistem pencernaan mampu melakukan penyesuaian setelah seharian diistirahatkan (tidak ada makanan).

“Lambung kita kan selama belasan jam kosong nih, jadi kalau diisi jangan langsung banyak. Setelah buka puasa, kita salat, tarawih. Nah, habis tarawih itu dilanjutkan makan dengan porsi piring makanku, banyak sayuran seperti biasa”, tuturnya.

KEYWORD :

Pola Makan Puasa Buah Manis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :