Selasa, 24/04/2018 11:45 WIB

Astronom Temukan Kawah Misterius di Mars

Tata letak dan pola struktural yang terlihat di dalam dan di sekitar Ismenia Patera berbeda dan lebih kompleks daripada kawah seperti biasanya

Permukaan Mars

Jakarta - Astronom menemukan struktur geologi yang unik dan misterius menywrupai kawah di permukaan Mars. Astronom tidak yakin asal-usul kawah. Kawah, yang dijuluki Ismenia Patera, mungkin dibuat oleh dampak meteorit. Ini juga mungkin jejak ditinggalkan oleh gunung berapi kuno.

Tata letak dan pola struktural yang terlihat di dalam dan di sekitar Ismenia Patera berbeda dan lebih kompleks daripada kawah seperti biasanya. Batu karang yang tidak rata ditemukan tersebar di sekitar tepi luar kawah.

Para ilmuwan percaya bahwa endapan batuan adalah puing-puing yang dikeluarkan oleh dampak di sekitarnya. Dampak miniatur ini telah menciptakan sistem mereka sendiri seperti parit di dalam Ismenia Patera.

Lantai kawah juga dinamis, menunjukkan tanda-tanda gerakan. Lantainya mungkin terdiri dari gletser yang kaya es batu, dengan lapisan es yang terbentuk dari waktu ke waktu.

Penyelidikan Mars Express Badan Antariksa Eropa telah mengitari Planet Merah sejak tahun 2003, memberikan citra resolusi tinggi dari permukaan planet. Gambar probe dapat membantu para astronom menganalisis formasi yang tidak biasa seperti Ismenia Patera.

Bagi para ilmuwan planet, bagian yang paling sulit - dan mungkin yang paling penting - menafsirkan fitur geologis adalah menciptakan garis waktu, serangkaian kejadian.

Peneliti ingin menentukan apa yang menciptakan struktur yang lebih besar dan menyeluruh, kemudian mencari tahu jenis proses dan kejadian selanjutnya yang mengubah tampilannya.

Ismenia Patera adalah contoh sempurna dari jenis fitur dinamis yang menantang para ilmuwan. Kawah itu dibuat oleh semacam acara asal. Namun seiring waktu, itu menjadi diubah, atau bertekstur, oleh peristiwa terpisah.

Bahkan fitur geologi yang paling sederhana berevolusi, atau berubah, setelah pembentukannya. Jadi apa yang membuat Ismenia Patera? Ilmuwan hanya memiliki teori. Salah satu kemungkinan adalah bahwa meteor meninggalkan jejak yang kemudian diisi oleh aliran endapan es dan batu.

Endapan itu membebani lantai kawah, menyebabkannya retak, menghasilkan lanskap yang tidak rata masih dapat diamati hari ini. Kemungkinan kedua adalah bahwa Ismenia Patera adalah gunung api super yang meledak dengan keras dan kemudian runtuh.

Para ilmuwan planet tidak yakin apakah Mars menjadi tuan rumah supervolcanos, gunung berapi yang menghasilkan letusan besar, kekerasan, tetapi Planet Merah memang menampilkan struktur vulkanik besar. Mars `Olympus Mons adalah struktur vulkanik terbesar di tata surya.

Untuk menentukan cerita asal Ispania Patera dengan pasti, para peneliti membutuhkan lebih banyak bukti daripada apa yang dapat disediakan ES Express, yang mana ESA dan NASA merencanakan misi ke Mars untuk mempelajari interior dan bawah permukaan Mars.

TAGS : Mars Kawah Planet Astronom




TERPOPULER :