Jum'at, 26/04/2024 15:21 WIB

Kemendag Dorong Potensi Produk Lokal di Toraja melalui Klinik Bisnis

Kemendag terus mendorong potensi produk lokal Toraja dan Tana Toraja ke level yang lebih tinggi, baik nasional maupun internasional.

Salah satu produk UKM Toraja (Foto: Warta Ekonomi)

Toraja - Direktorat Jenderal Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri (P3DN), Kementerian Perdangangan (Kemendag) terus mendorong potensi produk lokal Toraja dan Tana Toraja ke level yang lebih tinggi, baik nasional maupun internasional. Salah satunya dengan menggelar program Klinik Bisnis di Hotel Misiliana, Toraja, Sulawesi Selatan.

Acara tersebut diikuti sekitar 140 usaha kecil dan menengah (UKM) yang berasal dari Kabupaten Toraja dan Toraja Utara.

"Program Klinik Bisnis diharapkan menambah pengetahuan secara langsung kepada ratusan UKM. Salah satunya, mengolah produk lokal menjadi produk bernilai tambah dan siap memasuki pasar nasional dan ekspor," tegas Direktur P3DN, Luther Palimbong.

Menurut Luther, kegiatan yang langsung menyentuh pelaku usaha seperti Klinik Bisnis ini merupakan arahan dan mandat langsung Presiden Joko Widodo saat Sidang Kabinet pada 15 Maret 2018 lalu yang mendorong program pemerintah untuk mengutamakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Kegiatan Klinik Bisnis ini merupakan respons langsung arahan Presiden, dengan bersentuhan langsung dengan rakyat," kata Luther  dala keterangan rilis yang diterima Redaksi, Senin (26/3).

Melalui pelatihan seperti ini, kata Luther, produk-produk yang dihasilkan UKM di Toraja akan semakin meningkat dan siap bersaing dengan produk sejenis di pasar dalam negeri.

"Pelaku UKM kami ajak secara langsung membuat produk-produk berkualitas. Kompetensi pelaku UKM ini diasah dan ditingkatkan sehingga semakin terampil mengolah produk-produk khas Toraja yang bermutu. Dengan produk yang berkualitas akan memudahkan peritel modern dan marketplace memasarkan produk tersebut," imbuhnya.

Dalam kegiatan klinik bisnis ini, pengajar langsung didatangkan dari Probolinggo dan Surabaya, Jawa Timur. Selain pakar di bidangnya, tenaga pengajar juga merupakan praktisi yang mengolah bahan-bahan mentah menjadi makanan ringan berkualitas tinggi.

Ke depan, kata Luther, Klinik Bisnis ini akan dikembangkan di sejumlah daerah Indonesia untuk meningkatkan kualitas produk-produk dalam negeri. Dengan demikian, pelaku UKM dapat mengembangkan usahanya, memperluas jaringan di tingkat domestik dan pasar global, terutama memperkuat pasar dalam negeri

KEYWORD :

Kemendag Toraja




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :