Senin, 24/09/2018 04:34 WIB

Rahasia Orang Jepang Miliki Umur Panjang

Rata-rata tingkat harapan hidup orang Jepang pada saat lahir adalah 83 tahun.

Hidup sehat ala orang jepang (ilustrasi).

Jakarta - Bila Anda membayangkan hidup di Jepang, gambaran seperti apa yang muncul di benak Anda? S ebagian besar orang mungkin membayangkan tinggal di dalam ruangan kecil di kota besar. Berdesak-desakandi atas kereta pagi yang begitu padat penumpang hingga Anda sulit memijakkan kaki, yang dilanjutkan dengan bekerja lembur hingga lewat tengah malam.

Anda juga mungkin membayangkan mengisap rokok untuk menghilangkan stres. Pada kenyataannya, kesan itu sama sekali tidak salah. Dalam survei baru-baru ini yang dipublikasikan oleh Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, danKesejahteraan Jepang, hingg a 40% dari penduduk Jepang usia kerja dilaporkan “sulit tidur” karena stres di tempat kerja.

Sementara itu, penduduk Jepang mengonsumsi lebih banyak rokok dibandingkan penduduk di negara lainnya -lebih dari sepertiga penduduk berusia 15 tahun ke atas adalah perokok. Cukup sulit menemukan ahli yang dapat mengklaim bahwa tingkat stres yang tinggi, kurangnya jam.  tidur, dan merokok adalah perilaku hidup sehat.

Namun demikian, menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), rata-rata tingkat harapan hidup orang Jepang pada saat lahir adalah 83,7 tahun. Ini berarti Jepang memiliki angka harapan hidup tertinggi di dunia.

Meskipun sulit untuk menjelaskan kondisi tersebut, penyebab utama umur panjang penduduk Jepang diperkirakan karena “kebiasaan berjalan” yang dihubungkan dengan diet Jepang. Menurut laporan lainnya dari WHO, 98% anak sekolah di Jepang berangkat sekolah setiap hari dengan berjalan kaki atau bersepeda. Ini berarti sebagian besar dari mereka telah dianggap menjalankan aktivitas rutin tingkat sedang hingga intens yang disarankan selama 60 menit hanya dengan pergi ke sekolah.

Dalam kaitannya dengan makanan, dibandingkan dengan negara maju lainnya, orang Jepang cenderung mengkonsumsi lebih sedikit kalori per hari, lebih banyak sayuran, dan lebih sedikit makanan pencuci mulut. Bagaimana, Anda siap hidup sehat seperti orang Jepang?

TAGS : hidup sehat umur panjang jepang




TERPOPULER :