Jum'at, 26/04/2024 20:44 WIB

Dokumen Lamaran Kerja Steve Jobs akan Dilelang

Meskipun Jobs mengisi surat lamaran tersebut bahwa dia memiliki surat izin mengemudi.

Pendiri Apple. Steve Jobs

Los Angeles  - Surat lamaran pekerjaan milik pendiri Apple, Steve Jobs yang berusia lebih dari empat dasawarsa itu, akan dilelang pada bulan depan. Dokumen itu mencerminkan cita-cita untuk bekerja dalam bidang teknologi dan desain.

Perkiraan nilai dari dokumen yang dibuat tahun 1973  itu ditaksir sekitar 50.000 dolar Amerika Serikat atau setara kisaran Rp675 juta. Disitu lengkap dengan kesalahan ejaan dan tanda baca, mencantumkan namanya sebagai "Steven Jobs" dan alamatnya "reed college", perguruan tinggi di Oregon tempatnya berkuliah hanya sebentar, kata pengumuman rumah lelang di Boston, RR Auction, Kamis.

Di bawah bagian bertuliskan "Kemampuan Khusus", Jobs menulis "teknisi atau perancang teknologi. digital dari Teluk di dekat Hewitt-Packard", merujuk pada perusahaan teknologi perintis di Kalifornia, Hewlett-Packard.

Dokumen tersebut tidak menyatakan kedudukan yang dilamar Jobs. Ia dan temannya, Steve Wozniak, mendirikan Apple sekitar tiga tahun kemudian. Jobs meninggal karena kanker pada 2011 dalam usia 56 tahun.

Meskipun Jobs mengisi surat lamaran tersebut bahwa dia memiliki surat izin mengemudi, dia mengatakan bahwa aksesnya untuk transportasi adalah "mungkin, tapi tidak memungkinkan." Di samping kolon "Telepon:" dia menulis "tidak ada." Dokumen tersebut akan menjadi bagian dari penjualan budaya pop oleh RR Auction yang akan berlangsung antara 8 dan 15 Maret.

Dua barang Jobs lainnya akan muncul dalam lelang yang sama - sebuah Mac OS X bermesin manual yang ditandatangani oleh Jobs pada 2001 senilai 25.000 dolar AS, dan sebuah kliping koran pada 2008 yang ditandatanganinya, senilai 15.000 dolar AS, dengan sebuah foto Jobs dan judul utama yang bertuliskan "Baru, iPhone yang lebih cepat akan dijual seharga 199 dolar AS."

Lelang tersebut juga akan menampilkan kartu sidik jari asli dari penangkapan Jimi Hendrix pada 1969 di Toronto atas tuduhan obat terlarang, yang ditandatangani oleh mendiang musisi "rock," yang nilainya mencapai 15.000 dolar AS.

Pelelangan tersebut juga akan mencakup surat cinta penyanyi Inggris Amy Winehouse kepada suaminya, Blake Fielder-Civil. Selain tulisannya, surat Winehouse satu halaman itu menampilkan sketsa bayi buaya dikelilingi gambar hati. Surat tersebut bernilai sekitar 4.000 dolar AS. (ant/reuters)

KEYWORD :

Steve Jobs Apple




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :