Jum'at, 26/04/2024 03:08 WIB

Mantan Pengkhianat Amerika Maju Jadi Calon Senator

Chelsea Manning (Foto:google)

Jakarta - Mantan Angkatan Darat Chelsea Manning, yang menjalani hukuman penjara karena membocorkan informasi rahasia, diajukan sebagai kandidat Senat di Maryland.

Manning, yang mengajukan dokumen resmi pada hari Kamis, adalah satu dari empat kandidat Demokrat yang telah mengajukan kursi Senat. Senator Demokrat yang menjabat saat ini Ben Cardin, anggota Demokrat di Komite Hubungan Luar Negeri Senat, belum mengumumkan apakah dia akan mencari masa jabatan ketiga.

Manning dihukum pada tahun 2013 karena mencuri dokumen dan video pemerintah yang sensitif, termasuk informasi tentang upaya perang di Irak dan Afghanistan, kabel Departemen Luar Negeri, serta informasi tentang narapidana di Teluk Guantanamo. Dia juga diketahui membocorkan dokumen rahasia dan dokumen penting negara kepada WikiLeaks.

Hukuman 35 tahunnya dipersingkat pada Januari 2017 setelah Presiden Barack Obama mengganti hukumannya dengan  memberinya tanggal rilis awal.

Sementara di penjara, Manning keluar sebagai transgender dan mengganti nama depannya dari Bradley ke Chelsea.

Pengacara Manning di American Civil Liberties Union, Nancy Hollander dan Vincent Ward, mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama bahwa "Chelsea telah menjalani hukuman terpanjang dari whistleblower manapun dalam sejarah negara ini."

Manning merupakan seorang tentara Angkatan Darat Amerika Serikat yang pada bulan Juli 2013 dijatuhi hukuman oleh pengadilan militer atas pelanggaran UU Spionase serta pelanggaran lainnya setelah ia diketahui membocorkan sekitar 750.000 dokumen rahasia dan dokumen penting negara kepada Wikileaks.

Pada bulan Agustus 2013, Manning divonis 35 tahun penjara dengan izin pengajuan pembebasan bersyarat pada tahun kedelapan serta diberhentikan dengan tidak hormat dari Angkatan Darat AS.

Manning juga merupakan seorang wanita transgender. Satu hari setelah dijatuhi vonisnya, Manning berkata bahwa ia merasa dirinya adalah perempuan semenjak kecil serta menyatakan keinginannya untuk dikenal sebagai Chelsea.

KEYWORD :

Chelsea Manning Amerika serikat Maryland




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :