Sabtu, 27/04/2024 07:52 WIB

Irwandi Jawsir, Profesor Asal Indonesia Sabet Penghargaan di Saudi

Profesor Indonesia Irwandi Jawsir memenangkan penghargaan King Faisal International Prize 2018. Penghargaan diberikan atas kontribusinya terhadap Halal Science.

Prof. Jawsir adalah wakil dekan Institut Internasional untuk Penelitian Halal di Universitas Islam Internasional Malaysia. (Foto: IIUM)

Riyadh - Profesor Indonesia Irwandi Jawsir memenangkan penghargaan King Faisal International Prize 2018. Penghargaan diberikan atas kontribusinya terhadap pendirian dan pengembangan Halal Science.

Upacara pemberian penghargaan digelar di Prince Sultan Grand Hall, Riyadh. Hadir dalam acara, Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal yang merupakan penasihat raja dan CEO King Faisal Foundation. Ia bergabung dengan anggota panitia seleksi serta ilmuwan, intelektual dan tokoh media.

Hadiah Raja Faisal terdiri dari sertifikat kaligrafi tulisan tangan yang meringkas karya pemenang, sebuah peringatan 24 karat, medali emas 200 gram dan uang hadiah sebesar USD200.000.

Untuk diketahui, Profesor Jawsir lahir pada tanggal 20 Desember 1970. Ia, memperoleh gelar sarjana di bidang Teknologi Pangan dan Nutrisi Manusia dari Universitas Pertanian Bogor. Ia mendapatkan gelar PhD dalam bidang Kimia Pangan dan Biokimia dari University Putra di Malaysia pada tahun 2000.

Jawsir menjabat sebagai wakil dekan Institut Internasional untuk Penelitian dan Pelatihan Halal (INHART) dan Sekretaris Dewan Guru Besar di Universitas Islam Internasional Malaysia (IIUM).

Makanan halal

Jawsir telah memegang beberapa posisi akademis dan administratif selama karirnya. Ia telah menerbitkan lebih dari 120 artikel peer review di jurnal ilmiah disamping 30 studi penelitian, mengenai Halal Science. Ia telah menerima lebih dari 60 penghargaan dan penghargaan.

Panitia mempertimbangkan kontribusinya untuk mengembangkan metode baru untuk menganalisis zat yang digunakan dalam pembuatan `Alternatif Makanan Halal`, serta prosedur praktis untuk memproduksi Gelatin Halal dari sumber halal seperti; unta dan ikan

 

KEYWORD :

Indonesia Irwandi Jawsir Riyadh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :