Jum'at, 26/04/2024 09:48 WIB

SoftBank Ambil Alih Sebagian Besar Saham Uber

Ilustrasi Uber


Jakarta - Sebuah konsorsium yang dipimpin oleh SoftBank Group Corp akan membeli sejumlah besar saham Uber Technologies Inc. Pihak Uber pada Kamis (28/12) mengatakan, nilai pembelian saham tersebut disepakati sebesar US$ 48 miliar.

Chief Executive Uber, Dara Khosrowshahi menjelaskan, pembelian saham tersebut akan memicu sejumlah perubahan pegawasan perusahaan tersebut dan perombakan budaya kerja.

Seperti dikutip dari reuters, SoftBank dan seluruh konsorsium, yang mencakup Dragoneer Investment Group, akan memiliki sekitar 17,5 persen Uber.
Uber mengatakan kesepakatan akan direalisasikan awal tahun depan.

SoftBank sendiri akan mempertahankan 15 persen saham, sementara sisanya dari konsorsium akan memiliki sekitar 3 persen.

Khosrowshahi, yang menduduki posisi teratas pada Agustus setelah Travis Kalanick dipaksa turun pada bulan Juni, membantu menegosiasikan kesepakatan tersebut. Uber kehilangan lebih dari $ 1 miliar setiap kuartal, dan suntikan dana baru sangat penting. Perusahaan juga merencanakan penawaran umum perdana pada 2019.

Uber akan menggunakan dana investasi untuk membiayai beberapa aksi korporasi.

"Yakni untuk mendukung investasi teknologi, mendorong pertumbuhan, dan memperkuat tata kelola perusahaan kami," kata seorang juru bicara, yang menolak disebutkan namanya.

KEYWORD :

Sofbank Uber




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :