Jum'at, 26/04/2024 15:44 WIB

Fox Studios Siap Jual Aset ke Walt Disney

Dua perusahaan tersebut merupakan studio film terbesar keempat dan kedua di Hollywood. Namun kesepakatan itu akan berubah daftar enam besar yang telah mendominasi Tinseltown selama hampir satu abad menjadi lima besar.

Walt Disney dan Fox Studios (foto: Sky News)

Jakarta – Perusahaan media dan hiburan terbesar di dunia, yang telah mengguncang dunia Hollywood sejak tahun 1930 an, Fox Studios setuju untuk menjual asset hiburannya kepada Walt Disney seharga 52,4 miliar dollar (Rp704,83 triliun). 

Kesepakatan tersebut akan mempertemukan studio film 20th Century Fox di balik hits seperti Avatar, X-Men dan Ice Age bersama dengan aset film Disney, termasuk Pixar, Marvel dan pembuat film Star Wars Lucas Film.

Dua perusahaan tersebut merupakan studio film terbesar keempat dan kedua di Hollywood. Namun kesepakatan itu akan berubah daftar enam besar yang telah mendominasi Tinseltown selama hampir satu abad menjadi lima besar.

Termasuk dalam penjualan tersebut adalah jaringan kabel AS yang sangat berharga milik Fox, termasuk FX dan National Geographic Channel, serta aset televisi berbayar internasional termasuk Star TV di India.

Ketua dan CEO Disney Bob Iger mengatakan bahwa dia akan tinggal dengan Disney sampai akhir 2021 setelah mengumumkan Disney akan mengakuisisi 21st Century Fox.

"Saya memiliki salah satu pekerjaan terhebat di dunia ... kombinasi ini membuatnya semakin menarik," ujar Iger dilansir Sky News.

Fox mengatakan pihaknya memperkirakan kesepakatan akan selesai pada akhir Juni tahun depan.. Kesepakatan tersebut diperkirakan akan memakan waktu setahun untuk menyelesaikan dan akan mendapat persetujuan dari regulator persaingan baik di Amerika Serikat maupun di Uni Eropa.

Mengumumkan kesepakatan tersebut, Bob Iger, ketua dan chief executive Disney, menambahkan, akuisisi koleksi bisnis bintang abad ke-21 ini mencerminkan meningkatnya permintaan konsumen akan keragaman pengalaman hiburan yang lebih menarik, mudah diakses dan nyaman daripada sebelumnya.

"Kami merasa terhormat dan bersyukur Rupert Murdoch telah mempercayakan kami pada masa depan bisnis yang dia bangun seumur hidup dan kami gembira dengan kesempatan luar biasa ini untuk secara signifikan meningkatkan portofolio franchise dan konten bermerek kami yang sangat dicintai untuk lebih meningkatkan pertumbuhan langsung kami untuk-konsumen,” katanya.

"Kesepakatan itu juga akan memperluas jangkauan kita secara internasional, memungkinkan kami menawarkan platform distribusi panggung kelas dunia dan platform inovatif ke lebih banyak konsumen di pasar utama di seluruh dunia."

KEYWORD :

Fox Studios Disney Hollywood




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :