Sabtu, 27/04/2024 03:22 WIB

Proses Oksigen Tubuh Wanita Lebih Cepat Dari Pria

Karena wanita memproses oksigen lebih cepat, wanita cenderung mengakumulasi molekul yang terkait dengan kelelahan otot.

ilustasi seorang wanita

Jakarta – Sebuah penelitian yang dilakukan University of Waterloo di Ontario Kanada menyebutkan bahwa wanita memproses ksigen lebih cepat dalam tubuhnya dibanding pria. Hal itu membuat wanita lebih bugar.

Karena wanita memproses oksigen lebih cepat, wanita cenderung mengakumulasi molekul yang terkait dengan kelelahan otot, sehingga wanita yang secara konsisten mengolah oksigen sekitar 30 persen lebih cepat dari pria.

"Kami menemukan bahwa otot wanita mengeluarkan oksigen dari darah lebih cepat, yang secara ilmiah, menunjukkan sistem aerobik yang superior," kata Richard Hughson, seorang profesor dari fakultas ilmu kesehatan terapan di Waterloo dan juga seorang ahli penuaan vaskular dan kesehatan otak.

Senada dengan Hugson, Thomas Beltrame yang juga seorang peneliti menyatakan, hasil penelitian tersebut bertolak belakang dengan anggapan selama ini bahwa pria lah yang lebih cepat memproses oksigen dalam tubuhnya.

"Temuan ini bertentangan dengan anggapan populer bahwa tubuh pria lebih alami atletis," ujarnya. 

"Meskipun kita tidak tahu mengapa wanita memiliki penyerapan oksigen lebih cepat. Itu bisa mengubah cara kita melakukan perbandingan antara laki-laki dan wanita," ujarnya.

KEYWORD :

Kesehatan Wanita Oksigen




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :